Contoh Konflik Antar Agama Yang Terjadi Di Indonesia?

Apa contoh konflik antar agama?

contoh konflik antar agama adalah:

  • kasus konflik antara palestina dan israel karena perebutan wilayah tanah suci ( antar 2 agama: islam dan yahudi)
  • 2.kasus konflik agama di ambon yang berawal dari olok-olokan salah satu warga ( islam,katholik)

Apa itu konflik antar agama dan contohnya?

Konflik antar agama merupakan konflik yang dapat ditimbulkan akibat dari perbedaan keyakinan, yang tidak bisa disiasati dengan sikap saling menghormati dan menghargai perbedaan. Keenam agama tersebut antara lain islam, kristen, khatolik, hindu, budha dan konghucu.

Mengapa terjadi konflik antar agama di Indonesia?

Ada beberapa penyebab konflik antar umat beragama: 1. Mereka masih belum memahami ajaran agamanya atau menyimpang dari aturan/ajaran agama masing-masing. 2. Masyarakat masih mementingkan diri sendiri atau menganggap agamanya yang paling benar. 3. Masyarakat masih bertindak semaunya tanpa mengikuti kaedah yang ada.

Mengapa sering terjadi konflik antar umat beragama?

Ada beberapa penyebab konflik antar umat beragama: Mereka masih belum memahami ajaran agamanya atau menyimpang dari aturan/ajaran agama masing-masing. Masyarakat masih mementingkan diri sendiri atau menganggap agamanya yang paling benar. Masyarakat masih bertindak semaunya tanpa mengikuti kaedah yang ada.

You might be interested:  Quick Answer: Negara Yang Mengakui Kedaulatan Indonesia Dan Alasannya?

Apa itu konflik antar agama?

Konflik berasal dari kata kerja Latin configere yang berarti saling memukul. Jadi bisa diartikan, konflik agama adalah suatu pertikaian antar agama baik antar sesama agama, maupun dengan agama lain. Setiap agama memiliki cara beribadah yang berbeda beda, perbedaan itu dipersatukan dengan Pancasila.

Apa saja contoh konflik pribadi?

Contoh konflik pribadi dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari, misalnya konflik masalah hutang piutang, konflik batas tanah, konflik rumah tangga, konflik harta warisan, atau konflik masalah jual beli.

Apa yang dimaksud dengan konflik antar kelas berikan contohnya?

Konflik antarkelas sosial, yaitu konflik yang muncul karena adanya perbedaan kepentingan di antara kelas – kelas yang ada di masyarakat. Misalnya konflik antara karyawan dengan perusahaannya untuk menuntut kenaikan upah.

Apa yg dimaksud konflik antar golongan?

Konflik antar kelompok adalah pertentangan yang terjadi antara dua kelompok atau lebih yang disebabkan oleh kepentingan yang sama. Penyebab konflik dapat berasal dari faktor internal dan eksternal kelompok.

Apa contoh konflik?

Adapun untuk macam-macam konflik serta contohnya di masyarakat, antara lain;

  1. Konflik Pribadi. Macam-macam konflik yang pertama adalah konflik pribadi.
  2. Konflik Kelompok.
  3. Konflik Antar Kelas.
  4. Konflik Politik.
  5. Konflik Ekonomi.
  6. Konflik Hukum.
  7. Konflik Ras.
  8. Konflik Keluarga.

Apa penyebab terjadinya konflik antar agama brainly?

Jawaban: Mereka masih belum memahami ajaran agama nya atau menyimpang dari aturan/ajaran agama masing-masing. Masyarakat masih mementingkan diri sendiri atau menganggap agamanya yang paling benar. masyarakat masih bertindak semaunya tanpa mengikuti kaidah yang ada.

Apa penyebab terjadinya konflik antar suku?

Etnik atau suku bangsa, biasanya memiliki berbagai kebudayan yang berbeda satu dengan lainnya. Konflik antar etnis ini terjadi karena benturan budaya, kepentingan, ekonomi politik, dan lain lain. Dan demi menciptakan Negara yang aman dan tentram, pemerintah harus menyelesaikan masalah konflik antar etnis.

You might be interested:  Often asked: Sebutkan Potensi Agrikultur Yang Dimiliki Indonesia?

Apa penyebab konflik antar golongan?

Perbedaan antar suku, agama, ras, budaya, dan pendapat. Konflik dalam golongan dapat juga terjadi karena Sebuah tujuan yang sama dan diperebutkan dengan kekerasan dan adu domba dari berbeda golongan.

Apakah benar agama bisa menimbulkan konflik?

Penganut suatu agama adalah manusia dan manusia merupakan bagian dari masyarakat. Sehingga masyarakat akan menjadi lahan terjadinya konflik. Dari situlah mengapa agama memiliki potensi yang dapat melahirkan berbagai bentuk konflik seperti intoleransi yang diakibatkan oleh perbedaan pemahaman terhadap ajaran agama.

Tindakan apakah yang harus dilakukan apabila terjadi konflik antaragama?

1.Masyarakat harus mempunyai rasa kehormatan antara agama satu dengan yang lain. 2.Masyarakat harus mempererat tali persahabatan dan berusaha mengenal lebih jauh antara satu dengan yang lain. 3.Mempunyai kesadaran bahwa setiap agama yang dianut masyarakat membawa misi kedamaian.

Apa tujuan dari moderasi beragama?

Tujuan pembuatan kebijakan penguatan moderasi beragama pada dasarnya untuk mewujudkan ketertiban dalam masyarakat beragama, melindungi hak-hak pemeluk agama dalam menjalankan kebebasan beragama, mewujudkan ketentraman dan kedamaian dalam kehidupan kegamaan serta untuk mewujudkan kesejahteraan umat beragama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *