Delegasi Indonesia Yang Menghadiri Kmb Di Den Haag Dipimpin Oleh?

Siapa yang memimpin delegasi Indonesia dan Belanda?

Delegasi Indonesia terdiri dari ketua: Perdana Menteri Amir Sjarifuddin, wakil: Mr. Ali Sastroamidjojo dan Agus Salim, anggota: Dr. Leimena, Mr. Latuharhary, dan Kolonel T.B. Simatupang. Delegasi Belanda dipimpin oleh Raden Abdul Kadir Widjojoatmodjo.

Siapa sajakah pihak pihak yang menghadiri Konferensi Meja Bundar Sebutkan delegasi dari mana dan dipimpin oleh siapa?

Siapa saja yang menghadiri konferensi meja bundar

  • Delegasi Indonesia dipimpin oleh Drs. Moh. Hatta.
  • Delegasi BFO dipimpin oleh Sultan Hamid II.
  • Delegasi UNCI dihadiri oleh Chritchley, Merle Cochran, dan Heermans.
  • Delegasi Belanda dipimpin oleh J.H. van Maarseveen.

Dari delegasi Indonesia dihadiri oleh siapa dari Belanda dihadiri oleh siapa dan dari UNCI dihadiri oleh siapa?

Delegasi Indonesia dipimpin oleh Drs. Moh. Hatta. 2. Delegasi BFO dipimpin oleh Sultan Hamid II. 3. Delegasi UNCI dihadiri oleh Chritchley, Merle Cochran, dan Heermans.

You might be interested:  FAQ: Nama Pulau Yang Ada Di Indonesia?

Siapa saja perwakilan dari setiap negara yg datang ke KMB?

Berikut ini tokoh-tokoh penting yang menghadiri KMB:

  • Indonesia: Drs. Moh. Hatta, Mr. Moh.
  • BFO (Bijeenkomst voor Federaal Overleg atau Majelis Permusyawaratan Federal): Sultan Hamid II dari Pontianak.
  • Belanda: Mr. van Maarseveen.
  • UNCI (United Nations Commision for Indonesia): Chritchley (Australia).

Siapakah yang memimpin delegasi Indonesia?

Dalam Konferensi Meja Bundar, delegasi dari Indonesia diwakili oleh Mohammad Hatta, Mohammad Roem, dan Prof. Dr. Soepomo. Sedangkan untuk perwakilan dari BFO (Bijeenkomst voor Federaal Overleg) yang merupakan kumpulan negara federal hasil bentukan Belanda di Indonesia, ialah Sultan Hamid II.

Siapa yang memimpin delegasi BFO?

KMB digelar pada 23 Agustus 1949, ketika itu delegasi Indonesia dipimpin oleh Mohammad Hatta, sementara delegasi BFO dipimpin oleh Sultan Hamid II.

Siapa saja delegasi yang menghadiri Konferensi Meja Bundar?

Jawaban:Dalam Konferensi Meja Bundar, delegasi dari Indonesia diwakili oleh Mohammad Hatta, Mohammad Roem, dan Prof. Dr. Soepomo. Sedangkan untuk perwakilan dari BFO (Bijeenkomst voor Federaal Overleg) yang merupakan kumpulan negara federal hasil bentukan Belanda di Indonesia, ialah Sultan Hamid II.

Siapa yang melaksanakan Konferensi Meja Bundar brainly?

KMB dilaksanakan di kota Den Haag pada tanggal 23 Agustus – 2 November 1949. Hadir dalam pertemuan ini adalah perwakilan Republik Indonesia, Belanda, dan BFO (Bijeenkomst voor Federaal Overleg), yang mewakili berbagai negara yang diciptakan Belanda di kepulauan Indonesia.

Apa hasil perjanjian Konferensi Meja Bundar?

Hasil dari Konferensi Meja Bundar (KMB) adalah: Serahterima kedaulatan dari pemerintah kolonial Belanda kepada Republik Indonesia Serikat, kecuali Papua ronde barat. Diwujudkannya suatu persekutuan Belanda-Indonesia, dengan monarch Belanda sbg kepala negara.

You might be interested:  Question: Negara Negara Yang Berbatasan Dengan Indonesia?

Mengapa Belanda mengakui kedaulatan Indonesia dalam bentuk serikat?

Kesepakatan KMB ini ditandatangani pada 27 Desember 1949. Dengan demikian, alasan Belanda mengakui kedaulatan Indonesia dalam bentuk federasi karena dilakukannya perjanjian Konferensi Meja Bundar sehingga status Indonesia menjadi Republik Indonesia Serikat.

Tokoh pejuang nasional yang menandatangani naskah pengakuan kedaulatan RI dalam upacara yang diadakan di Den Haag adalah?

Keempat orang tersebut adalah Hatta, Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Anak Agung Gde Agung, dan Sultan Hamid II.

Wakil Belanda yang menandatangani naskah pengakuan kedaulatan dan penyerahan kekuasaan dari Belanda ke Indonesia adalah?

Di Belanda, yang menandatangani naskah penyerahan kedaulatan adalah Ratu Yuliana, PM. Dr. Willem Drees, Menteri Seberang Lautan Mr. AM.J.A. Sassen, dan ketua delegasi RIS, Drs. Moh. Hatta. Sementara itu, di Jakarta penyerahan kedaulatan dilakukan oleh Wakil Tinggi Mahkota A.H.J.

Siapakah yang menandatangani pengakuan kedaulatan dari Belanda dan Indonesia?

Wakil Indonesia yang menandatangani pengakuan kedaulatan di negeri Belanda adalah Drs. Muh. Hatta dan wakil dari Belanda adalah Ratu Yuliana. Adapun proses penandatanganan di Indonesia, pihak Belanda diwakili oleh Lovink dan wakil Indonesia adalah Sultan Hamengkubuwono IX.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *