FAQ: Asas Kewarganegaraan Yang Dianut Indonesia?

Asas kewarganegaraan apa yang dianut oleh negara Indonesia?

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Indonesia menganut asas kewarganegaraan, yaitu Ius soli, ius sanguinis, asas kewarganegaraan tunggal dan asas kewarganegaraan rangkap terbatas.

Menurut UU No 12 tahun 2006 negara Indonesia menganut asas kewarganegaraan apa?

Bahwa Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 TENTANG KEWARGANEGARAAN REPUBLIK INDONESIA menganut beberapa asas – asas yakni sebagai berikut: Asas ius sanguinis (law of the blood) adalah asas yang menentukan kewarganegaraan seseorang berdasarkan keturunan, bukan berdasarkan negara tempat kelahiran.

Apa yang dimaksud dengan asas kewarganegaraan?

Secara umum pengertian kewarganegaraan adalah ikatan hukum antara orang-orang dengan negara yang mengakibatkan orang tersebut berada di bawah kekuasaan negara yang bersangkutan. Secara umum asas kewarganegaraan dibagi menjadi dua macam, yakni asas ius sanguinis dan asas ius soli.

Apa saja yang menjadi asas khusus kewarganegaraan?

Ada dua jenis asas kewarganegaraan yang diterapkan oleh beberapa negara.

  • Ius Soli. Ius Soli adalah asas kewarganegaraan yang didasarkan kepada domisili kelahiran.
  • 2. Ius Sanguinis. Asas Ius sanguinin berkebalikan dengan asas pertama.
You might be interested:  Berapa Banyak Penduduk Indonesia?

Apa yang dimaksud dengan ius soli dan ius sanguinis?

Asas ius sanguinis atau asas keturunan, adalah asas kewarganegaraan seseorang yang ditentukan berdasarkan pada keturunan. Asas ius soli atau asas kedaerahan/tempat kelahiran, adalah asas kewarganegaraan seseorang yang ditentukan berdasarkan tempat kelahirannya.

Jelaskan apa itu asas kelahiran?

Asas ius soli adalah asas yang menentukan kewarganegaraan seseorang berdasarkan negara tempat kelahiran, di indonesia asa ini diberlakukan terbatas bagi anak-anak seseuai dengan ketentuan yang diatur undang-undang.

Kewarganegaraan Republik Indonesia diatur dalam UU No 12 tahun 2006 berdasarkan UU tersebut siapa saja yang menjadi warga Indonesia Sebutkan 4 saja?

Dalam UU ini yang dimaksud Warga Negara Indonesia adalah: anak yang lahir di luar perkawinan yang sah dari seorang ibu warga negara asing yang diakui oleh seorang ayah Warga Negara Indonesia sebagai anaknya dan pengakuan itu dilakukan sebelum anak tersebut berusia 18 (delapan belas) tahun atau belum kawin.

Apa isi UU Nomor 12 Tahun 2006?

Warga Negara adalah warga suatu negara yang ditetapkan berdasarkan peraturan perundang-undangan. Kewarganegaraan adalah segala hal ihwal yang berhubungan dengan warga negara.

Negara Indonesia menganut asas apa?

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Indonesia menganut asas kewarganegaraan, yaitu Ius soli, ius sanguinis, asas kewarganegaraan tunggal dan asas kewarganegaraan rangkap terbatas.

Apa yang dimaksud dengan asas?

Pengertian asas adalah prinsip dasar yang menjadi acuan berpikir seseorang dalam mengambil keputusan-keputusan yang penting di dalam hidupnya.

Berikan contoh Kapan seseorang dikatakan dengan memiliki asas ius soli?

Ius soli ( Ius kedaerahan) Negara akan mengakui seseorang sebagai warga negaranya apabila orang tersebut lahir di negara itu, tanpa memandang kewarganegaraan dan asal orang tuanya. Contoh negara yang menerapkan asas ius soli adalah Amerika Serikat, Argentina, Brazil, Jamaika, Kanada, dan Venezuela.

You might be interested:  Question: Tempat Wisata Yang Paling Indah Di Indonesia?

Apakah seseorang bisa kehilangan kewarganegaraannya?

Kewarganegaraan seseorang dapat hilang jika dinyatakan hilang kewarganegaraannya oleh presiden atas permohonannnya sendiri. Dengan syarat yang bersangkutan sudah berusia delapan belas tahun atau sudah kawin dan orang tersebut tinggal di luar negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *