FAQ: Bagaimana Sikap Bangsa Indonesia Pada Awal Kedatangan Bangsa Barat?

Bagaimana sikap bangsa Indonesia pada awal kedatangan bangsa barat *?

Bangsa Indonesia awalnya menyambut ramah kedatangan Portugis. Dengan demikian sikap orang Indonesia atas datangnya bangsa Barat diawali dengan sambutan ramah, namun karena mereka memiliki niat yang buruk, maka rakyat kemudian melakukan perlawanan.

Apa reaksi masyarakat Indonesia terhadap kedatangan bangsa barat di Indonesia?

Pembahasan: Reaksi bangsa Indonesia terhadap kedatangan bangsa Barat pada awalnya disambut dengan hangat, mulai Portugal, Spanyol hingga Belanda di abad ke 15 dan 16, karena mereka awalnya juga berniat untuk berdagang rempah-rempah dan mengadakan kerjasama di bidang tersebut.

Bagaimana sikap warga Nusantara Saat Belanda pertama kali datang ke Indonesia brainly?

Jawaban: menyambutnya dengan ramah karena rakyat indonesia tidak tahu kalau sebenarnya kedatangan belanda bukan untuk berdagang melainkan menjajah indonesia.

You might be interested:  Artis Indonesia Yang Oprasi Plastik?

Mengapa bangsa Indonesia pada awalnya menyambut baik datangnya bangsa Eropa?

Jawaban: Rakyat Indonesia menyambut baik kedatangan Spanyol karena pertama tujuan bangsa Spanyol hanya untuk membeli rempah rempah. Setalah lama kemudian bangsa Spanyol iri dengan kekayaan alam Indonesia. Setelah memendam rasa iri begitu lama maka takluklah bangsa Spanyol untuk menjajah Indonesia.

Apa tujuan awal kedatangan bangsa barat ke Indonesia?

Glory: Tujuan petualangan dengan mencari negara jajahan untuk mengharumkan nama, kejayaan, dan kekuasaan. Gold: Tujuan ekonomi dengan mencari keuntungan dan hasil besar dalam perdagangan rempah-rempah. Memebeli dengan harga murah dan menjual dengan harga mahal. Gospel: Tujuan agama dengan menyebarkan ajaran Nasrani.

Bagaimanakah sikap bangsa Indonesia terhadap penjajahan?

Tidak takut dan pantang menyerah untuk mengusirnya demi bangsa dan negara.

Apa reaksi masyarakat kedatangan bangsa Spanyol di Indonesia?

Jawaban: Saat pertama kali Spanyol masuk ke wilayah Nusantara para masyarakat Indonesia menyambut bangsa Spanyol dengan baik/ramah, karena bangsa Spanyol hanya ingin berdagang, namun saat Spanyol mengetahui kalau Indonesia kaya akan rempah-rempah Spanyol pun akhirnya memutuskan untuk menjajah Indonesia.

Apa peristiwa peristiwa penting yang terjadi saat kedatangan bangsa Spanyol di Indonesia?

Peristiwa – peristiwa penting ketika Spanyol datang ke Indonesia adalah:

  • Tahun 1521 Spanyol berlabuh di Tidore, Maluku.
  • Perjanjian Saragosa antara Portugis dengan Spanyol.
  • Tahun 1529 Spanyol meninggalkan Maluku.

Bagaimana reaksi bangsa Indonesia ketika Jepang datang ke Indonesia?

Tanggapan rakyat indonesia terhadap kedatangan jepang awalnya disambut baik dan kooperatif oleh rakyat Indonesia, namun seiring berkembangnya waktu ternyata Jepang melakukan praktek penjajahan dan merampas hasil rakyat, melakukan romusha yang ternyata apa yang dilakukan Jepang sama bahkan lebih parah dari yang telah

You might be interested:  Readers ask: Kapan Iphone 8 Keluar Di Indonesia?

Bagaimana sikap bangsa indonesia saat pertama kali menyambut kedatangan bangsa Eropa ke indonesia?

sikap bangsa Indonesia dlm menerima kedatangan bangsa barat awalnya sangat baik. dikarenakan pada awalnya bangsa barat dtng ke Indonesia untuk berdagang rempah rempah. hal ini menurut bangsa Indonesia bisa mendatangkan keuntungan. namun lama kelamaan bangsa barat berusaha untuk menguasai daerah daerah di Indonesia.

Mengapa saat di Banten Awalnya Belanda disambut baik namun kemudian mereka diusir jelaskan alasanmu?

Belanda datang pertama kali ke Indonesia pada tahun 1596, di bawah pimpinan Cornelis de Houtman, dan berhasil mendarat di Pelabuhan Banten. Namun kedatangan Belanda diusir penduduk pesisir Banten karena mereka bersikap kasar dan sombong. Belanda datang lagi ke Indonesia dipimpin Jacob van Heck pada tahun 1598.

Kapan rombongan Jacob van Neck datang ke indonesia?

Rombongan yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman ini berhasil mendarat di Banten pada 27 Juni 1596.

Mengapa bangsa Eropa senang untuk mencari rempah-rempah di Indonesia?

Karena rempah – rempah yang dimiliki Indonesia sangat melimpah, ada diberbagai wilayah. Bahkan menjadi komoditas dengan nilai jual tinggi atau mahal pada waktu itu. Rempah – rempah juga memiliki manfaat untuk pengobatan dan kesehatan.

Mengapa bangsa Indonesia menyambut baik kedatangan Jepang ke Indonesia?

Kedatangan Jepang di indonesia pada awalnya disambut gembira oleh rakyat Indonesia karena: Jepang menjanjikan kemerdekaan Indonesia. Jepang mengusir dan mengakhiri penjajahan Belanda. Jepang membebaskan tokoh pergerakan kemerdekaan yang dipenjara Belanda.

Apa alasan yang mendorong bangsa Eropa untuk mencari rempah-rempah?

karena ingin bebas dari belenggu penjajahan dan tidak ingin di tindas lagi oleh penjajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *