FAQ: Di Indonesia Termometer Yang Banyak Digunakan Saat Ini Adalah Termometer?

Termometer yang banyak digunakan saat ini adalah termometer apa dan berukuran berapa?

Jawaban: Termometer yang banyak di gunakan saat ini. adalah termometer celsius menggunakan ukuran titik lebur air es dan titik didih air yaitu 0 – 100 derajad celcius.

Termometer jenis apa yang banyak digunakan?

Berikut ini merupakan beberapa jenis termometer yang digunakan untuk mengukur suhu badan:

  1. Termometer digital. Alat pengukur suhu badan digital ini umumnya bisa menunjukkan hasil secara cepat dan akurat.
  2. 2. Termometer air raksa.
  3. 3. Termometer empeng bayi.
  4. 4. Termometer telinga.
  5. Termometer jidat atau kening.

Termometer yang sering kita pakai sekarang dengan menggunakan ukuran 0 hingga 100 derajat ditemukan oleh siapa?

Penemuan termometer ini berasal dari percobaan Galileo Galilei sekitar tahun 1592. Ilmuwan Italia ini membuat semacam termometer yang ia beri nama termoskop udara. Pak Galileo membuat sebuah tabung kaca dengan pentolan berlubang di salah satu ujungnya.

You might be interested:  Quick Answer: Jumlah Provinsi Yang Ada Di Indonesia?

Termometer celcius menggunakan ukuran berapa?

Termometer celcius menggunakan ukuran 0 – 100 derajat celcius.

Termometer suhu badan skalanya ada pada kisaran berapa?

Termometer demam sering digunakan untuk mengukur suhu tubuh. Termometer ini umumnya digunakan dokter untuk mengetahui suhu pasiennya. Termometer demam memiliki skala dari 35 derajat selsius sampai 42 derajat selsius.

Apa fungsi dari termometer suhu badan?

Fungsi termometer bisa mengukur suhu benda padat seperti makanan, cairan seperti air, gas seperti udara, atau reaksi kimia seperti api. Guna mengenali suhu, terdapat tiga satuan pengukuran suhu yang paling umum, yakni Celsius, Fahrenheit, dan kelvin.

Apakah kegunaan atau fungsi dari jenis jenis termometer tersebut?

Termometer Klinis, fungsinya adalah untuk mengukur suhu tubuh dari manusia. Termometer Laboratorium, fungsinya adalah untuk mengukur suhu pada penelitian, percobaan atau pun suhu pada pengukuran ilmiah lainnya. Termometer Bimetal, fungsinya adalah untuk menentukan perbedaan volume atau pemuaian antara dua jenis logam.

Apakah air raksa dapat mengukur suhu yang sangat rendah?

2. Raksa nggak bisa mengukur suhu yang sangat rendah. Keuntungan menggunakan alkohol sebagai pengisi termometer adalah sebagai berikut. Untuk menaikkan suhu kecil, alkohol mengalami perubahan volume lebih besar sehingga dapat mengukur suhu dengan teliti.

Mengapa menggunakan termometer air raksa suhu seseorang mudah untuk diamati?

Pertama, air raksa adalah penghantar panas yang baik. Karena faktor inilah, suhu tubuh yang diukur dengan termometer kaca yang diisi air raksa jadi cepat diketahui.

Jelaskan siapa yg pertama kali membuat termometer?

Sekitar tahun 1593, ada banyak penemu yang mulai mengerjakan dan mengembangkan termoskop. Akan tetapi, nama Galileo Galilei yang lebih dikenal sebagai penemu termometer yang hingga hari ini menjadi cikal bakal pengembangan termometer di dunia.

You might be interested:  Quick Answer: Nama Indonesia Yang Keren?

Pada derajat suhu berapakah celcius dan fahrenheit memiliki nilai skala yang sama?

Termometer merupakan alat untuk mengukur suhu. Skala termometer baku antara lain Celcius, Reamur, Fahrenheit, dan Kelvin. Terbukti termometer skala celsius dan fahrenheit menunjukkan angka yang sama pada – 40 derajat.

Berapa titik beku dan titik didih pada termometer fahrenheit?

Dalam skala ini, titik beku air adalah 32 derajat Fahrenheit (ditulis 32 °F) dan titik didih air adalah 212 derajat Fahrenheit. Negatif 40 derajat Fahreheit sama dengan negatif 40 derajat Celsius.

Berapa titik beku skala suhu dan titik didihnya?

Titik didih dan titik beku pada termometer celcius adalah 100°C dan 0°C. Titik didih dan titik beku pada termometer reamur adalah 80°R dan 0°R. Titik didih dan titik beku pada termometer fahrenheit adalah 212°F dan 32°F. Titik didih dan titik beku pada termometer kelvin adalah 373°K dan 273°K.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *