FAQ: Mengapa Bahasa Indonesia Dipilih Menjadi Bahasa Resmi Bangsa Indonesia?

Mengapa bahasa Indonesia dipilih menjadi bahasa resmi Indonesia?

Sebagai bahasa nasional, fungsi bahasa Indonesia di antaranya adalah untuk mempererat hubungan antar suku di Indonesia. Fungsi ini sebelumnya sudah ditegaskan di dalam butir ketiga ikrar Sumpah Pemuda 1928 yang berbunyi “Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia ”.

Mengapa bahasa Indonesia dipilih menjadi bahasa resmi bangsa Indonesia brainly?

Bahasa Indonesia dipilih sebagai bahasa persatuan dikarenakan NKRI terdiri dari berbagai macam suku, agama, ras,dan bahasa daerah yang beraneka ragam. Jadi, untuk mempersatukanya, diperlukan 1 bahasa yg menjadi bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia.

Apa yang menjadi bahasa persatuan bagi bangsa Indonesia?

Bahasa Indonesia lahir dari Bahasa Melayu yang pada zaman dulu menjadi bahasa lingua franca, yakni bagasa perdagangan antarpulau di nusantara. Dengan fakta tersebut, tepatnya 28 Oktober 1928, bahasa Melayu diangkat sebagai bahasa persatuan dan tahun 1945 diresmikan sebagai bahasa negara.

You might be interested:  Readers ask: Kurikulum Yang Ada Di Indonesia?

Sejak kapan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional?

Lebih lanjut, pada 18 Agustus 1945, bahasa Indonesia dinyatakan sebagai bahasa negara. Hal itu bertepatan dengan pengesahan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai konstitusi negara.

Mengapa bahasa Melayu dapat diterima dengan mudah oleh bangsa yang beragam bahasa daerah menjadi bahasa persatuan bangsa Indonesia pada saat Sumpah Pemuda 1928?

Alasan bahasa melyu diangkat menjadi bahasa persatuan itu dikarenakan bahasa melayu merupakan bahasa yang memiliki kemiripan dengan bahasa indonesia dan bukan hanya itu bahasa melayu juga terbilang sederhana,komunikatif,dikalangan masayarakat dan ini merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki oleh para pedang dan

Sejak kapan bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa persatuan brainly?

Bahasa Indonesia (yang merupakan varian lain dari bahasa Melayu) dikukuhkan sebagai Bahasa Persatuan secara resmi pada Kongres Pemuda yang berlangsung 28 Oktober 1928. Bahasa Indonesia dipilih atas saran dari Muhammad Yamin yang dikenal sebagai politikus sekaligus sejarawan yang ahli juga dalam ilmu sejarah.

Mengapa bangsa Indonesia disebut sebagai bahasa?

Karena Indonesia adalah negara yang memiliki beragam bahasa dan budaya, maka harus ada bahasa pemersatu diantara semua itu. Hal ini juga berkaitan dengan Kedudukan keempat dari Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional sebagai Alat pemersatu Bangsa yang berbeda Suku, Agama, ras, adat istiadat dan Budaya.

Bahasa persatuan Indonesia disebut apa?

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Penamaan ” bahasa Indonesia ” diawali sejak dicanangkannya Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928, untuk menghindari kesan “imperialisme bahasa ” apabila nama bahasa Melayu tetap digunakan.

Apa yang menjadi bahasa persatuan brainly?

Dalam hal ini, bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan atau bahasa setempat di wilayah lain yang telah ditetapkan sebagai bahasa nasional suatu negara.

You might be interested:  FAQ: Contoh Komoditas Indonesia Yang Sudah Banyak Diekspor Ke Luar Negeri Adalah?

Apa yang menjadi dasar sehingga bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa?

Kongres pemuda kedua pada 28 Oktober 1928 menyatakan pengakuan terhadap tumpah darah yang satu, tanah air indonesia; satu bangsa, bangsa Indonesia; dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Isi Sumpah Pemuda menjadi tonggak dasar bangkitnya bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Dari bahasa apakah bahasa Indonesia itu?

Bahasa Indonesia lahir pada tanggal 28 Oktober 1928. Dalam Undang-Undang Dasar 1945 disebutkan bahwa Bahasa negara ialah bahasa Indonesia (Bab XV, Pasal 36). Keputusan Kongres Bahasa Indonesia II tahun 1954 di Medan, antara lain, menyatakan bahwa bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu.

Kapan bahasa Indonesia dikukuhkan sebagai bahasa nasional?

Para pemuda Indonesia yang tergabung dalam perkumpulan pergerakan secara sadar mengangkat bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia, yang menjadi bahasa persatuan untuk seluruh bangsa Indonesia sesuai isi Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928.

Kapan bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa nasional dan bahasa negara?

Lalu pada 18 Agustus 1945, Bahasa Indonesia ditetapkan sebagai bahasa negara.

Siapa yang pertama kali menemukan bahasa Indonesia?

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, kemunculan Bahasa Indonesia tidak lepas dari peran Mohammad Tabrani Soerjowitjitro. M. Tabrani lahir di Pamekasan Madura pada 10 Oktober 1904. Ia meninggal pada 12 Januari 1984 dan dimakamkan di TPU Tanah Kusir Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *