FAQ: Mengapa Indonesia Disebut Negara Maritim?

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim brainly?

Secara pengertian, mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim karena merupakan negara kepulauan dengan luas wilayah daratan yang hampir sama dengan luasnya laut dan perairan. Lautan Indonesia juga merupakan wilayah Marine Mega-Biodiversity terbesar di dunia.

Mengapa Indonesia disebut negara agraris dan negara maritim?

Kawasan Indonesia terdiri dari 2/3 lautan, hal ini tentu menjadikan Indonesia disebut dengan negara maritim. Sedangkan agraris adalah segala aktivitas yang berkaitan dengan bidang pertanian. Ekonomi Indonesia saat ini bertumpu pada sektor pertanian, hal ini menjadikannya disebut sebagai negara agraris.

Mengapa Indonesia disebut salah satu negara kepulauan terbesar di dunia?

Sebagai negara kepulauan dengan wilayah laut terluas di dunia, Indonesia memiliki potensi besar menjadi poros maritim dunia dan merupakan unsur penting bagi kemajuan dan kejayaan sebuah negara. Oleh karena itu, mengapa Indonesia disebut negara kepulauan, detikers. Itulah mengapa Indonesia disebut negara kepulauan.

Apa keuntungan negara Indonesia sebagai negara maritim?

Sebagai negara maritim, perairan Indonesia memiliki sumber daya laut yang sangat melimpah. Maka dari itu, pengaruh geografis Indonesia sebagai negara maritim dapat menambah peluang pekerjaan masyarakat Indonesia, misalnya menjadi nelayan, pekerja sektor wisata, pelayaran, dan lain sebagainya.

You might be interested:  Often asked: Hp Yang Paling Bagus Di Indonesia?

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara agraris?

Mengutip dari buku Solusi Jitu Menghadapi Ulangan Ilmu Pengetahuan Sosial, Indonesia disebut sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani.

Pulau apa yang paling terbesar di Indonesia?

Selanjutnya, pulau terbesar di Indonesia adalah Sumatera. Dikutip dalam buku ‘Ayo Mengenal Indonesia: Sumatra 1’ oleh Munasifah, luas seluruh Pulau Sumatra adalah 473.600 kilometer persegi, hampir seluas negeri Inggris Raya.

Mengapa Indonesia disebut sebagai paru paru dunia?

Indonesia merupakan negara yang pernah disebut sebagai paru – paru dunia karena wilayah alamnya yang luas dan subur, serta ragam flora dan faunanya yang terjaga pada habitatnya.

Apa keuntungan posisi Indonesia?

Posisi yang strategis ini berpengaruh pada berbagai hal, mulai dari kegiatan ekonomi, seperti jalur lintas perdagangan, kekayaan alam, seperti tanah yang subur, hingga keberagaman budaya. Berikut keuntungan letak geografis Indonesia.

Apakah dampak positif yang bisa diambil oleh negara Indonesia sebagai negara maritim?

Jawaban: Dampak positif Indonesia sebagai negara maritim dalam bidang transportasi dan ekonomi yaitu menjadikan Indonesia sebagai negara lalu lintas perdagangan sehingga pertumbuhan ekonomi di Indonesia semakin meningkat.

Apa keuntungan letak posisi silang Indonesia?

1. Letak Indonesia yang berada diantara 2 benua yaitu Asia dan Australia membuat Indonesia bisa menjalin hubungan yang baik antara negara-negara di kedua benua tersebut. Posisi geografis membuat dua samudera Inodnesia berada dijalur lalu lintas internasional dan dpat menjadi transit jalur perdagangan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *