Hukum Yang Berlaku Di Indonesia?

Hukum apa saja yang berlaku di Indonesia?

Tiga Macam Hukum yang Berlaku di Indonesia

  • Hukum Pidana. Hukum pertama yang berlaku di Indonesia untuk dipatuhi adalah hukum pidana.
  • Hukum Acara. Jenis hukum yang selanjutnya adalah hukum acara yang mengatur prosedur pelaksanaan hukum pidana di Indonesia.
  • Hukum Perdata.

Apa saja jenis hukum?

Berdasarkan sumbernya, hukum terbagi menjadi lima macam, yaitu hukum undang-undang, kebiasaan/adat, traktat, jurisprudensi, doktrin.

Hukum berlaku untuk siapa?

“ Hukum itu berlaku untuk siapa saja dan kapan saja. Jangan sampai melanggar aturan maupun hukum,” tegasnya. Apabila prajurit melanggar aturan dan hukum, maka prajurit akan menanggung resiko yang akan diterimanya dengan konsekuensi hukuman disiplin atau hukuman pidana.

Kapan sistem hukum Indonesia berlaku?

KOMPAS.com – Di Indonesia berlaku sistem hukum sesuai Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945).

Apa contoh hukum publik?

Tiga contoh hukum publik

  • Hukum administrasi negara.
  • Hukum tata negara.
  • Hukum pidana.
  • Hukum acara.
  • thanks.
You might be interested:  FAQ: Mengapa Bendera Indonesia Berwarna Merah Putih?

UUD termasuk hukum apa?

UUD adalah hukum dasar negara yang tertulis. Selain itu berlaku juga hukum dasar yang tidak tertulis, yaitu aturan-aturan dasar yang timbul dan terpelihara dalam penyelenggaraan negara meskipun tidak tertulis.

Sistem hukum apa yang berlaku di indonesia dan contohnya?

Indonesia adalah negara yang menganut sistem hukum campuran dengan sistem hukum utama yaitu sistem hukum Eropa Kontinental. Selain sistem hukum Eropa Kontinental, di Indonesia juga berlaku sistem hukum adat dan sistem hukum agama, khususnya hukum (syariah) Islam.

Apa contoh dari norma hukum?

Contoh norma hukum antara lain:

  • ‌Wajib membayar pajak.
  • Enggak melakukan tindak korupsi.
  • Enggak berbuat kejahatan.
  • Mentaati peraturan lalu lintas.

Apa saja yang dipelajari di fakultas hukum?

Well, apa saja yang dipelajari dalam fakultas dan jurusan Ilmu Hukum ini? Beberapa mata kuliahnya seperti Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Internasional, Hukum Ekonomi, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Hukum dan Perkembangan Masyarakat, hingga Hukum dan Teknologi.

Hal hal apa saja yang diatur dalam Hukum Tata Negara?

Hukum Tata Negara adalah peraturan-peraturan yang mengandung struktur umum dari suatu pemerintahan negara misalnya Undang-Undang Dasar, Undang-Undang organisk, Desentralisasi, otonomi dan lain- lainnya.

Hukum dalam islam ada berapa?

Hukum dalam Islam bukan hanya halal dan haram saja, melainkan ada wajib (Fardhu), Sunnah, Makruh, Mubah, dan Haram.

Apakah hukum Belanda masih berlaku di Indonesia?

Hukum belanda yang masih digunakan di indonesia sampai sekarang, sesuai dengan pasal II aturan peralihan undang-undang dasar 1945 disebutan “segala badan negara dan peraturan yang ada masing langsung berlaku, selama belum diadakan yang baru menurut undang-undang dasar ini”.

Siapa yang berhak merubah dan mengesahkan hukum di Indonesia?

(1) Majelis Permusyawaratan Rakyat berwenang mengubah dan menetapkan Undang-Undang Dasar. (2) Majelis Permusyawaratan Rakyat melantik Presiden dan/atau Wakil Presiden.

You might be interested:  Question: Negara Yang Takut Dengan Militer Indonesia?

Bagaimana hukum perdata yang berlaku di Indonesia?

Hukum perdata yang berlaku di Indonesia adalah hukum perdata Belanda yang pada awalnya berinduk pada Kitab Undang-Undang Hukum Perdata yang aslinya berbahasa Belanda atau dikenal dengan Burgerlijk Wetboek dan biasa disingkat dengan B.W. Sebagian materi B.W. sudah dicabut berlakunya & sudah diganti dengan Undang-Undang

Mazhab apakah yang digunakan dalam sistem hukum di Indonesia?

Seiring berkembangnya tradisi dan kebiasaan masyarakat Indonesia, menyebabkan Indonesia menjalankan sistem perpaduan hukum antara Sistem Hukum Eropa Kontinental dan Anglo Saxon. Selain itu Indonesia juga menjalankan sistem hukum yang sesuai dengan pemikiran para filsuf dengan aliran/ mazhab Positivisme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *