Kapan Bola Basket Masuk Ke Indonesia?

Kapan masuknya permainan bola basket ke Indonesia dan siapa pembawanya?

Sejarah perkembangan bola basket di Indonesia dimulai saat olahraga ini dibawa masuk oleh pendatang dari Cina pada 1920an. Basket di Indonesia terus berkembang setelah dimainkan dalam PON I 1948, Perbasi didirikan pada 1951, dan kompetisi nasional digulirkan pada 1982.

Kapan bola basket masuk ke Indonesia dan jelaskan perjalanannya?

Pada tahun 1920-an, di bawa oleh etnis cina, melalui pendidikan sekolah, selanjutnya mulai berkembang di masyarakat luas. Penjelasan: Di tahun 1920-an, gelombang perantau-perantau asal Cina masuk ke Indonesia. Mereka pun membawa permainan basket yg telah dua dasawarsa dikembangkan pada sana.

Kapan olahraga basket diakui secara resmi di Indonesia?

Pada 1948, ketika Negara Indonesia menggelar PON I digelar di Solo, bola basket, sudah menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan. Ini membuktikan bahwa basket cepat memasyarakat dan secara resmi diakui negara.

You might be interested:  FAQ: Kapan Iphone 8 Masuk Indonesia?

Pada tanggal berapakah bola basket ditemukan?

Mengutip dari Encyclopaedia Britannica (2015), permainan basket ditemukan oleh James Naismith pada 1 Desember 1891.

Siapa yang membawa masuk permainan bola basket ke Indonesia?

Pada 1920-an, permainan bola basket dibawa ke Indonesia oleh bangsa Belanda dan di perkenalkan oleh para perantau dari China dengan membawa permainan bola basket yang sudah dua dasawarsa dikembangkan di negara asal mereka.

Secara umum bagaimanakah sejarah permainan bola basket masuk ke Indonesia?

Permainan bola basket masuk ke Indonesia melalui para perantau Cina pada sekitar tahun 1920-an. Permainan ini berkembang pada awalnya di Indonesia yaitu di sekolah-sekolah Tionghoa sehingga banyak pemain berprestasi dari kalangan masyarakat Tionghoa.

Uraikan secara singkat sejarah munculnya permainan bola basket dan siapa yang menciptakannya?

Mengutip dari Encyclopaedia Britannica (2015), permainan basket ditemukan oleh James Naismith pada 1 Desember 1891. Ide Naismith saat itulah yang akhirnya menciptakan permainan basket yang bisa dimainkan hingga saat ini oleh semua kalangan. Pertandingan basket pertama kali diadakan pada 1891.

Siapakah yang memperkenalkan pertama kali permainan bola basket?

KOMPAS.com – James Naismith, direktur pendidikan jasmani Kanada-Amerika pada Desember 1891 menemukan permainan bola basket. Naismith lahir pada 6 November 1861 di Almonte, Ontario, Kanada dan meninggal pada 28 November 1939, di Lawrence, Kansas Amerika Serikat.

Permainan bola basket diciptakan oleh siapa dan pada tahun berapa?

Pencipta bola basket adalah James Naismith. Dia memperkenalkan sekaligus menemukan permainan bola basket pada Desember 1891. James Naismith adalah seorang direktur pendidikan jasmani Kanada-Amerika sekaligus guru dari i Sekolah Pelatihan Internasional YMCA di Springfield, Massachusetts, Amerika Serikat.

Permainan basket berkembang cepat ke seluruh penjuru dunia tidak terkecuali Indonesia tahun berapakah perkumpulan perkumpulan basket muncul di Indonesia?

Usai gelaran tersebut, kepopuleran bola basket di Indonesia kian tak terbendung hingga akhirnya dibentuklah Persatuan Basketball Seluruh Indonesia pada 23 Oktober 1951.

You might be interested:  Often asked: Contoh Konflik Yang Terjadi Di Indonesia?

Pada tahun berapa dan dimana permainan bola basket dicantumkan resmi untuk mengikuti gelaran event tersebut?

Pertandingan resmi bola basket yang pertama, diselenggarakan pada tanggal 20 Januari 1892 di tempat kerja Dr.James Naismith. Basket adalah sebutan yang diucapkan oleh salah seorang muridnya. Olahraga ini pun segera terkenal di seantero Amerika Serikat. Penggemar fanatik ditempatkan di seluruh cabang di Amerika Serikat.

Pada PON ke berapakah basket masuk ke dalam permainan?

Pada PON I di Surakarta, bola basket telah masuk dalam acara pertandingan. Tanggal 23 Oktober 1951 berdirilah Persatuan Basketball Seluruh Indonesia (PERBASI). Tahun 1953 PERBASI diterima menjadi anggota FIBA. Kini kepanjangan PERBASI menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan permainan bola basket?

Bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan.

Berapa pemain dalam lapangan dan waktu permainan bola basket?

Lapangan, waktu, dan jumlah pemain bola basket Jumlah pemain dalam permainan bola basket adalah 5 orang dalam satu regu dengan cadangan 5 orang. Sedangkan jumlah wasit dalam permainan bola basket adalah 2 orang. Wasit 1 dinamakan Referee sedangkan wasit 2 dinamakan Umpire. Waktu permainan 4 X 10 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *