Konsep Yang Dianut Oleh Negara Indonesia Berdasarkan Deklarasi Djuanda Adalah?

Indonesia menganut konsep apa?

berdasarkan deklarasi juanda, indonesia menganut konsep negara kepulauan yang berciri nusantara (archipelagic state).

Berkaitan dengan wilayah negara Indonesia pada tanggal 13 Desember 1957 Pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan Deklarasi Djuanda Bagaimanakah bunyi Deklarasi Djuanda tersebut?

Pencetusnya Perdana Menteri Indonesia, Djuanda Kartawidjaja. Deklarasi Djuanda dicetuskan pada 13 Desember 1957. Isinya berupa pemberitahuan kepada dunia bahwa laut Indonesia adalah termasuk laut sekitar, di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Apa pentingnya Deklarasi Djuanda bagi bangsa Indonesia?

Deklarasi yang dicetuskan oleh Djuanda Kartawidjaja memberikan arti bagi Indonesia sebagai negara kepulauan dan nusantara sebagai satu kesatuan yang utama memberikan padangan tersendiri terhadap dunia bahwa negara yang terdiri dari banyak pulau punya kedaulatan penuh atas pulau dan perairan yang ada di sekitarnya

Jelaskan apa yang menyebabkan Ir Djuanda mengeluarkan Deklarasi Djuanda tanggal 13 Desember 1957?

Ada beberapa latar belakang keluarnya Deklarasi Djuanda, diantaranya: 1. Setiap pulau di Indonesia kala itu hanya memiliki luas laut sepanjang 3 Mil dihitung dari garis pantai. 2. Luas laut yang sempit ini menjadikan setiap pulau di Indonesia terpisah oleh kawasan laut bebas.

You might be interested:  Mengapa Indonesia Memiliki Keanekaragaman Hayati Yang Sangat Tinggi?

Kapan lahirnya konsep Nusantara Archipelago yang dituangkan dalam Deklarasi Djuanda *?

Padahal Hari Nusantara yang diperingati setiap 13 Desember menandai tonggak sejarah yang penting dimulainya perjuangan panjang bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dengan ditetapkannya Konvensi Hukum Laut Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNCLOS) 1982 yang mengakui prinsip-prinsip negara kepulauan

Bagaimana bunyi pernyataan Deklarasi Djuanda?

“Bahwa segala perairan di sekitar, di antara, dan yang menghubungkan pulau-pulau yang termasuk dalam daratan Republik Indonesia, dengan tidak memandang luas atau lebarnya, adalah bagian yang wajar dari wilayah daratan negara Republik Indonesia dan dengan demikian merupakan bagian dari perairan pedalaman atau perairan

Apa isi Deklarasi Djuanda serta Dmpaknya bagi wilayah Indonesia?

Penjelasan: Isi dari Deklarasi Juanda yang ditulis pada 13 Desember 1957, menyatakan: 1.Bahwa Indonesia menyatakan sebagai negara kepulauan yang mempunyai corak tersendiri. 2.Bahwa sejak dahulu kala kepulauan nusantara ini sudah merupakan satu kesatuan.

Bagaimana arti pentingnya wilayah perairan bagi Indonesia?

Laut Indonesia memiliki arti yang sangat penting bagiNegara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yaitu, laut sebagai media pemersatu bangsa, laut sebagai media perhubungan, laut sebagai media sumber daya, laut sebagai media pertahanan dan keamanan, serta laut sebagai media diplomasi.

2 Tujuan dikeluarkannya Deklarasi Djuanda oleh Kabinet Djuanda dan apa isi Deklarasi Juanda?

Ada pun tujuan yang hendak dicapai Deklarasi Djuanda meliputi, pertama, mewujudkan bentuk wilayah kesatuan Indonesia yang utuh dan bulat, kedua, menentukan batas-batas wilayah negara Republik Indonesia yang sesuai dengan azas negara kepulauan, dan ketiga, mengatur pelayaran yang lebih menjamin keamanan dan keselamatan

Jelaskan apa yang dimaksud dengan Deklarasi Djuanda dan kaitannya dengan negara kepulauaan Indonesia?

Deklarasi Djuanda dicetuskan pada 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Indonesia saat itu, Djuanda Kartawidjaja. Deklarasi ini menyatakan kepada dunia bahwa laut Indonesia, termasuk laut sekitar, di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah NKRI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *