Mengapa Indonesia Memiliki Potensi Perikanan Yang Bagus?

Mengapa Indonesia memiliki potensi perikanan yang bagus brainly?

Karena Indonesia merupakan negara kepulauan, Sehingga negara Indonesia memiliki banyak lautan yang berpotensi untuk perikanan.

Apa Indonesia memiliki potensi perikanan yang cukup besar?

“ Potensi perikanan Indonesia cukup besar mencapai 65 juta ton per tahun,” jelasnya di Grha Sabha Pramana UGM, Selasa (23/10). Sementara produksi perikanan yang dihasilkan baru sebesar 33,4 juta ton yang terdiri dari 24 juta ton hasil budi daya dan 9,4 juta ton hasil tangkapan.

Mengapa Indonesia disebut negara agraris dan kaya akan potensi perikanan?

Tak hanya sebagai negara maritim, Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduk Indonesia memiliki mata pencaharian sebagai petani atau bercocok tanam. Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki banyak sumber daya alam, baik di darat maupun perairan.

Bagaimanakah potensi perikanan di Indonesia?

Secara potensi, perikanan Indonesia adalah yang terbesar di dunia, baik perikanan tangkap maupun perikanan budidaya. Sisanya, 56,8 juta ton/tahun adalah potensi perikanan budidaya, baik budidaya laut (mariculture), budidaya perairan payau (tambak), maupun budidaya perairan tawar (darat).

You might be interested:  FAQ: Sejarah Yang Pernah Terjadi Di Indonesia?

Tuliskan apa saja potensi ekonomi maritim yang ada di Indonesia?

Secara ringkas, berbagai potensi maritim yang ada di Indonesia adalah berikut ini:

  • Bisnis Ekonomi Perikanan. Perikanan jadi potensi maritim Indonesia.
  • Energi Arus Laut.
  • Wisata Bahari.
  • Potensi Maritim Indonesia di Sektor Perhubungan.
  • Potensi Rumput Laut di Indonesia.

Mengapa Indonesia memiliki potensi untuk mengembangkan bahan bakar dari tumbuhan?

Karena Indonesia sendiri terkenal akan flora dan faunanya. Flora di Indonesia sangat beragam dan beberapa diantaranya dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar ataupun energi alternatif yang tentunya ramah lingkungan.

Mengapa Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam sektor pertanian?

karena, Indonesia memiliki tanah yang subur dan memiliki iklim tropis yang bagus untuk pertanian dan kaya akan SDA yang bermanfaat.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara agraris?

Indonesia dikenal sebagai negara agraris dengan sebagian besar penduduknya bekerja pada bidang pertanian. Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki lahan pertanian yang luas, sumber daya alam beraneka ragam dan berlimpah.

Mengapa di Indonesia disebut negara agraris?

Mengutip dari buku Solusi Jitu Menghadapi Ulangan Ilmu Pengetahuan Sosial, Indonesia disebut sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani.

Negara Indonesia dikenal sebagai negara maritim jelaskan apa yang melandasi nya?

Secara pengertian, mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim karena merupakan negara kepulauan dengan luas wilayah daratan yang hampir sama dengan luasnya laut dan perairan. Lautan Indonesia juga merupakan wilayah Marine Mega-Biodiversity terbesar di dunia.

Berapa potensi perikanan laut Indonesia?

Potensi lestari sumber daya ikan laut Indonesia sebesar 6,5 juta ton per tahun tersebar di perairan wilayah Indonesia dan perairan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI) yang terbagi dalam sembilan wilayah perairan utama Indonesia.

You might be interested:  Readers ask: Penyakit Penyakit Yang Disebabkan Oleh Kekurangan Gizi Dan Sering Terjadi Di Indonesia Adalah?

Berapakah potensi ikan laut per tahun?

Menurut Food and Agricultural Organization (FAO), potensi lestari sumber daya perikanan tangkap laut Indonesia mencapai sekitar 6,5 juta ton per tahun dengan tingkat pemanfaatan mencapai 5,71 ton per tahun.

Berapakah jumlah potensi lestari dan tangkapan ikan laut di Indonesia?

Laut Indonesia memiliki angka potensi lestari yang besar, yaitu 6,4 juta ton per tahun. Potensi lestari adalah potensi penangkapan ikan yang masih memungkinkan bagi ikan untuk melakukan regenerasi hingga jumlah ikan yang ditangkap tidak mengurangi populasi ikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *