Often asked: Apa Nama Sungai Terpanjang Di Indonesia?

Apa nama sungai terpanjang di Indonesia dimana letak sungai tersebut?

Sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Kapuas. Dengan panjang 1.143 kilometer, Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Sungai ini terletak di pulau Kalimantan. Muller berada di satu sisi perairan, sedangkan Selat Karimata berada di sisi lainnya.

Apakah sungai Kapuas terpanjang di Indonesia?

Sungai Kapuas menjadi penghubung transportasi antar daerah bagi masyarakat. Sungai ini menjadi sungai terpanjang kedua di Indonesia.

Apa nama sungai terpanjang di Pulau Jawa?

Bengawan Solo adalah sungai terpanjang di Pulau Jawa, Indonesia dengan dua hulu sungai yaitu dari daerah Pegunungan Kidul, Wonogiri dan Ponorogo, berikutnya bermuara di daerah Gresik.

Sungai Kapuas terletak di mana?

Sungai Kapuas atau sungai Kapuas Buhang atau sungai Batang Lawai (Laue) merupakan sungai yang berada di Kalimantan Barat. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di pulau Kalimantan dan sekaligus menjadi sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 1.143 km.

Sungai Barito ada dimana?

Panjang sungai Barito adalah 909 km, terletak di Kalimantan Selatan, Indonesia. Sungai besar yang berhulu dikaki pegunungan Muller dan muaranya di laut Jawa.

You might be interested:  Negara-negara Yang Berbatasan Dengan Indonesia?

Sungai Digul melewati kabupaten kota apa saja?

Jawaban

  • – sungai musi: Palembang.
  • – sungai barito:banjarmasin.
  • – sungai digul: kabupaten seruyan, kalimantan selatan.
  • – sungai batng hari: kabupaten batanghari, jambi.
  • – sungai indragiri: kabupaten indragiri, hulu, riau.
  • – sungai kahayan: Kota Palangkaraya.
  • – sungai kapuas: Kabupaten melawi dan kota pontianak.

Apakah Sungai Kapuas terpanjang di dunia?

Sungai ini dianggap terpanjang di dunia karena belum ada yang menandinginya. Sungai Nil memiliki panjang 6.650 kilometer. Bandingkan dengan sungai terpanjang di Indonesia, yakni Sungai Kapuas di Kalimantan Barat, yang hanya memiliki panjang 998 kilometer.

Apakah Sungai Kapuas sungai terpanjang di dunia?

Jika Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia, lalu apa nama sungai terpanjang di dunia dan dimana letaknya? Jawabannya adalah Sungai Nil (Nile River) yang mengalir sejaih 6.696 km atau 4.160 mil melewati 10 negara di Benua Afrika.

Berapa panjang Sungai Kapuas?

Sungai Bengawan Solo Sungai ini memiliki dua hulu yaitu di Pegunungan Sewu, Wonogiri dan juga Ponorogo. Muara dari Bengawan Solo adalah di Gresik, Jawa Timur. Dengan panjang mencapai 548,53 km dan melewati 2 buah provinsi di Jawa maka tak heran jika sungai ini dinobatkan sebagai sungai terpanjang di Pulau Jawa.

Sungai apa yang terkenal di Jawa?

1. Sungai Bengawan Solo dengan dua hulu jadi yang terpanjang di Pulau Jawa.

Sungai Kahayan dimana?

Sungai Kahayan atau batang Biaju Akbar atau sungai Dayak Akbar atau Groote Daijak-rivier atau Great Dajak atau Great Dyacs adalah sungai yang membelah kota Palangka Raya. Sungai ini bermuara di 3 kabupaten/kota antara Kota Palangka Raya, Kabupaten Gunung Mas dan Kabupaten Pulang Pisau, dan bermuara di Laut Jawa.

You might be interested:  Readers ask: Apa Nama Organisasi Bola Basket Di Indonesia?

Apa fungsi Sungai Kapuas di Kalimantan?

Sungai Kapuas berperan sebagai mata rantai yang vital untuk arus distribusi barang dan jasa. Badan sungai yang lebar, dengan kedalaman hingga 27 meter, menjadikan Sungai Kapuas sangat ideal dilalui lalulintas barang dan penumpang.

Apa nama sungai terpanjang di Kalimantan?

Sungai Barito mengalir dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Selatan, panjangnya mencapai 890 km, dan daerah-daerah di tepi sungai banyak dikembangkan menjadi obyek wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *