Often asked: Mengapa Indonesia Memiliki Keragaman Flora Dan Fauna?

Mengapa Indonesia memiliki keragaman flora?

Tingginya tingkat keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia dikarenakan aspek geografis sumberdaya hutan Indonesia yang terletak di sekitar garis khatulistiwa dan tersebar di ribuan kepulauan, serta berada di antara benua Asia dan Australia.

Apa salah satu faktor yang menyebabkan Indonesia memiliki banyak keanekaragaman flora dan fauna?

Kondisi Indonesia yang terletak di garis khatulistiwa menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis. Iklim tropis akan mempengaruhi curah hujan dan intensitas sinar matahari. Hal ini akan menyebabkan pertumbuhan tanaman menjadi subur sehingga keanekaragaman flora di Indonesia dapat semakin bertambah.

Mengapa keanekaragaman hayati di Indonesia termasuk tinggi?

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki keanekaragaman hayati tinggi. Hal ini disebabkan Indonesia memiliki berbagai tipe hutan yang berbeda sesuai dengan kondisi geografis masing-masing daerah. Hutan Indonesia pun kaya akan keanekaragaman hayati.

You might be interested:  Question: Hewan Yang Sudah Punah Di Indonesia?

Mengapa aneka flora dan fauna dapat tumbuh dan berkembang biak dengan baik di Indonesia brainly?

Jawaban: Karena Indonesia adalah Pulau Tropis. Penjelasan: Sehingga flora dan fauna dapat berkembang biak dengan baik.

Mengapa flora dan fauna di Indonesia dibagi menjadi 3 bagian?

karena dibagi atas garis webber dan wallace dimana garis webber memisahkan antara barat dan tengah, dan wallace memisahkan tengah dan timur. Selain itu dari segi ciri-ciri fauna bagian barat dan timur memiliki ciri yang kontras sementara bagian tengah merupakan perpaduan antara bagian barat dan timur.

Mengapa Indonesia memiliki banyak fauna?

Fauna Indonesia memiliki keanekaragaman yang tinggi karena wilayahnya yang luas dan berbentuk kepulauan tropis.

Faktor apa saja yang mempengaruhi flora dan fauna?

Faktor iklim yang berpengaruh terhadap persebaran flora dan fauna antara lain suhu, kelembapan udara, angin, dan tingkat curah hujan. Faktor edafik mengacu pada kondisi tanah pada suatu wilayah. Kondisi tanah berpengaruh secara langsung terhadap kesuburan tanaman.

Selain faktor geologi faktor apa saja yang mempengaruhi keanekaragaman flora dan fauna?

4 Faktor yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna

  1. Faktor klimatik. Faktor klimatik adalah kondisi iklim alam tempat dimana flora dan fauna tumbuh.
  2. Faktor Edafik. Faktor edafik adalah faktor tanah yang ditempati oleh hewan dan tumbuhan.
  3. Faktor Fisiografi / Topografi.
  4. Faktor Biotik.

Mengapa persebaran flora dan fauna di muka bumi ini beragam?

Persebaran flora dan fauna menjadi beragam karena manusia mengubah suatu wilayah sesuai kebutuhannya. Sementara tumbuhan juga berpengaruh pada persebaran flora dan fauna karena tumbuhan jenis tertentu menunjang kesuburan tanah.

Sebutkan faktor faktor apa saja yang mempengaruhi keanekaragaman hayati?

Faktor yang memengaruhi keanekaragaman hayati ada dua, yaitu faktor genetik dan faktor lingkungan. Faktor keturunan disebabkan oleh adanya gen yang memberikan sifat dasar kepada makhluk hidup. Namun, sifat dasar tersebut tidak selalu dibawa secara turun-temurun.

You might be interested:  FAQ: Apa Itu Pengantar Hukum Indonesia?

Mengapa keanekaragaman hayati sangat penting bagi kehidupan manusia?

Keberadaan dan kelanggengan keanekaragaman hayati penting, terutama karena nilai/manfaat yang dapat disumbangkannya bagi kelangsungan hidup manusia baik secara jasmani maupun rohani, secara langsung maupun tidak langsung, serta bagi kelangsungan keberadaan keanekaragaman hayati itu sendiri.

Mengapa keanekaragaman hayati di Indonesia sangat unik?

Indonesia memiliki keunikan Biodiversitas. Keunikannya adalah selain memiliki keanekragaman hayati yang tinggi, Indonesia mempunyai areal tipe Indomalaya yang luas, juga tipe Oriental, Australia, dan peralihannya.

Apakah Indonesia memiliki keragaman flora dan fauna?

KOMPAS.cam – Indonesia memiliki keragaman flora dan fauna yang cukup besar. Keanekaraman flora dan fauna tidak lepas dari kondisi geologi Indonesia pada zaman pleitosen. Keberadaan flora dan fauna tersebut tersebar diberbagai wilayah Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *