Often asked: Mengapa Negara Indonesia Disebut Negara Agraris?

Mengapa negara Indonesia disebut sebagai negara agraris?

Mengutip dari buku Solusi Jitu Menghadapi Ulangan Ilmu Pengetahuan Sosial, Indonesia disebut sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani.

Mengapa Indonesia disebut negara agraris menurut brainly?

Tak hanya sebagai negara maritim, Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduk Indonesia memiliki mata pencaharian sebagai petani atau bercocok tanam.

Mengapa Indonesia disebut negara agraris dan negara maritim?

Kawasan Indonesia terdiri dari 2/3 lautan, hal ini tentu menjadikan Indonesia disebut dengan negara maritim. Sedangkan agraris adalah segala aktivitas yang berkaitan dengan bidang pertanian. Ekonomi Indonesia saat ini bertumpu pada sektor pertanian, hal ini menjadikannya disebut sebagai negara agraris.

Apa negara Indonesia termasuk negara agraris Jelaskan jawabanmu?

Indonesia dijuluki sebagai negara agraris. Negara agraris artinya sebagian besar penduduknya bekerja di bidang pertanian. Selain itu, di Indonesia juga banyak wilayah gunung berapi yang tanah di sekitarnya subur, sehingga bisa dijadikan lahan pertanian.

Apa itu agraris brainly?

Pengertian agraris adalah sektor pertanian atau penduduk yang mayoritasnya memiliki mata pencaharian pada sektor pertanian. Pertanian menjadi sektor yang utama dalam negara agraris karena penduduknya bekerja sebagai petani. Pertanian adalah hal utama pada negara agraris dengan sumber daya alam yang bermacam-macam.

You might be interested:  Question: Apa Manfaat Agrowisata Bagi Perekonomian Indonesia?

Potensi apa saja yang dimiliki oleh negara Indonesia sebagai negara agraris?

Merupakan negara agraris tropis terbesar di dunia setelah Brazil. Dari 27 persen zona tropis di dunia, Indonesia memiliki 11 persen wilayah tropis. Indonesia memiliki hasil tani seperti beras, singkong, kacang tanah, tembakau, kedelai, merica, kelapa sawit, teh, gula, dan masih banyak lainnya.

Mengapa negara kita disebut negara maritim jelaskan?

Secara pengertian, mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim karena merupakan negara kepulauan dengan luas wilayah daratan yang hampir sama dengan luasnya laut dan perairan.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim?

Lebih Luas Wilayah Laut daripada Daratan Sementara itu, luas lautan Indonesia yakni 3.257.483 km2. Luas laut daripada daratan menjadikan kekuatan utama Indonesia dalam sektor perikanan. Maka dari itu Indonesia disebut negara maritim.

Mengapa sebagian besar negara Asean bermata pencaharian petani?

Mata pencaharian sebagian penduduk kawasan Asia Tenggara Dengan berada pada pertemuan daratan benua dan samudra menyebabkan kawasan Asia Tenggara memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah dan strategis. Maka dari itu, sebagian besar penduduk di kawasan Asia Tenggara bermata pencaharian sebagai petani. 2

Apakah mata pencaharian sebagian besar penduduk di Indonesia?

Indonesia merupakan negara agraris, sebagian besar penduduk Indonesia berdomisili di daerah peDesaan dan memiliki mata pencaharian disektor pertanian. Dengan mayoritas penduduk indonesia adalah petani, maka pertanian harus mendapat perhatian lebih dari pemerintah.

Negara apa saja yang termasuk negara agraris?

Sebagian besar penduduknya terlibat dalam sektor pertanian. Myanmar seperti Kamboja, Laos, dan Vietnam juga disebut sebagai negara agraris.

Mengapa sebagian komoditas ekspor negara Myanmar di sektor pertanian?

mungkin karena Myanmar memiliki tanah yang subur sehingga memungkinkan rakyat Myanmar mencari penghasilan dalam sektor pertanian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *