Often asked: Penyebab Utama Indonesia Memiliki Keanekaragaman Hayati Yang Tinggi Adalah?

Apakah yang menyebabkan terjadinya keanekaragaman hayati?

Ada dua faktor penyebab keanekaragaman hayati, yaitu faktor genetik dan faktor luar. Faktor genetik bersifat relatif konstan atau stabil pengaruhnya terhadap morfologi organisme. Dengan demikian keanekaragaman hayati mencakup keragaman ekosistem (habitat), jenis (spesies), dan genetik (varietas/ras) (Dahuri, 2003).

Mengapa Negara Indonesia dikenal sebagai negara megabiodiversitas?

Indonesia dikenal sebagai negara megabiodiversitas yang kedua di dunia setelah Brasil, karena Indonesia merupakan pusat keanekaragaman hayati tertinggi di dunia. Keanekaragaman hayati di Indonesia mengalami penurunan, hal ini dapat mengancam hilangnya/punahnya spesies-spesies yang terdapat di Indonesia.

Kenapa Hutan hujan tropis di Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi?

karena hutan hujan tropis mendapat curah hujan yang paling tinggi dan mendapat cahaya matahari yang optimal sepanjang tahun dibanding dengan hutan yang lain hal ini membuat tumbuhan bisa memproduksi makanan secara optimal dan jumlahnya berlimpah serta berbagai macam tumbuhan dapat hidup dengan baik.

You might be interested:  Often asked: Ada Berapa Jenis Deposito Yang Ada Di Indonesia?

Mengapa keanekaragaman hayati flora dan fauna di Indonesia Tergolong?

Karena Indonesia berada di lintasan garis khatulistiwa yg menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis sehingga lebih banyak keanekaragaman flora dan fauna yg bisa hidup dan berkembang.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan keanekaragaman makhluk hidup?

KOMPAS.com – Keanekaragam hayati adalah keanekaragaman organisme yang menunjukan keseluruhan atau totalitas variasi. Dilansir Encyclopaedia Britannica (2015), keanekaragaman hayati adalah variasi kehidupan yang ditemukan di suatu tempat di bumi. Keanekaragaman hayati menggambarkan bermacam-macam makhluk hidup.

Benarkah Indonesia dikenal sebagai negara megabiodiversitas?

Pembahasan Soal: Tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi di Indonesia menyebabkan Indonesia dikenal sebagai megabiodiversitas.

Mengapa negara Indonesia dikatakan salah satu negara dengan tingkat keanekaragaman?

Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki keanekaragaman hayati tinggi. Hal ini disebabkan Indonesia memiliki berbagai tipe hutan yang berbeda sesuai dengan kondisi geografis masing-masing daerah. Hutan Indonesia pun kaya akan keanekaragaman hayati.

Jelaskan mengapa Indonesia dikenal sebagai negara megabiodiversity dan jelaskan apa hubungan antara megabiodiversity dengan ekosistem Indonesia?

Indonesia disebut sebagai negara mega biodiversity karena Indonesia memiliki keanekaragaman hayati baik flora dan fauna yang sangat kaya.

Dimana hutan hujan tropis di Indonesia?

persebaran hutan hujan tropis di Indonesia berada di pulau-pulau besar seperti Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Keberagaman flora dan fauna di Indonesia termasuk tinggi di dunia, jauh lebih tinggi daripada Amerika Selatan dan Afrika yang juga beriklim tropis.

Benarkah Indonesia memiliki hutan hujan tropis yang luas?

Sebagian besar keanekaragaman hayati Indonesia berpusat di hutan hujan tropis. Indonesia memiliki tutupan hutan hujan tropis terluas ketiga di dunia, setelah Brazil dan Congo.

You might be interested:  Berapa Banyak Penduduk Indonesia?

Tumbuhan apa saja yang ada di hutan hujan tropis?

Tanaman di hutan hujan tropis antara lain:

  • Bunga raflesia arnoldi.
  • Pohon kayu besi.
  • Pohon kayu hitam.
  • Pohon sonokeling.
  • Tanaman teruntum (Lumnitzera racemosa)

Bagaimana persebaran flora dan fauna di Indonesia?

Di Indonesia, persebaran flora dan fauna dipengaruhi oleh letak geografis. Berdasarkan wilayah dan karakteristik, flora dan fauna dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Indonesia Barat, Tengah, dan Timur. Sementara garis Weber memisahkan Indonesia bagian tengah dan timur.

Apa yang dimaksud dengan keanekaragaman gen dan sebutkan keanekaragaman yang dipengaruhi oleh gen?

” Keanekaragaman hayati tingkat gen ” adalah variasi gen yang ada di dalam suatu spesies. Keanekaragaman ini menyebabkan adanya varietas dan sub spesies. Antar spesies memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda, dan biasanya tidak bisa melakukan reproduksi yang menghasilkan keturunan fertil (subur).

Manakah jenis flora yang ada di Indonesia Timur?

Ada beberapa karakteristik atau ciri-ciri khas dari berbagai flora yang ada di Indonesia bagian timur, yaitu:

  • Jenis meranti-merantian sedikit.
  • Enggak ada berbagai jenis rotan.
  • Ada hutan kayu putih.
  • Ada berbagai jenis tumbuhan matoa, khususnya di Papua.
  • Banyak tumbuhan sagu.
  • Enggak ada jenis nangka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *