Often asked: Undang Undang Kewarganegaraan Republik Indonesia Yang Terbaru?

Undang Undang Nomor 12 Tahun 2006 menjelaskan tentang kewarganegaraan apa isi dari Undang Undang tersebut?

Undang – Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia, yang lahir dimasa orde reformasi merupakan perkembangan hukum dibidang ketatanegaraan dan sekaligus menghapuskan diskriminasi kewarganegaraan, sehingga berdasarkan undang – undang ini tidak terdapat lagi warga negara Indonesia dan warga negara

Apa yang dimaksud dengan warga negara dan kewarganegaraan menurut Undang Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2006 tentang kewarganegaraan?

Warga Negara adalah warga suatu negara yang ditetapkan berdasarkan peraturan perundang-undangan. Kewarganegaraan adalah segala hal ihwal yang berhubungan dengan warga negara.

Kewarganegaraan Republik Indonesia diatur dalam Undang Undang Nomor berapa?

Selanjutnya, ihwal kewarganegaraan terakhir diatur dengan Undang – Undang Nomor 62 Tahun 1958 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia sebagaimana telah diubah dengan Undang – Undang Nomor 3 Tahun 1976 tentang Perubahan Pasal 18 Undang – Undang Nomor 62 Tahun 1958 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia.

You might be interested:  Quick Answer: Organisasi Yang Menaungi Olahraga Renang Di Indonesia Adalah?

Bagaimana menjadi warga negara Indonesia menurut UU No 12 tahun 2006?

Syarat Permohonan Kewarganegaraan Indonesia

  1. Telah berusia 18 (delapan belas) tahun atau sudah kawin;
  2. Pada waktu mengajukan permohonan sudah bertempat tinggal di wilayah negara Republik Indonesia paling singkat 5 (lima) tahun berturut-turut atau paling singkat 10 (sepuluh) tahun tidak berturut-turut;

Siapakah yang disebut WNI menurut undang-undang nomor 12 tahun 2006 *?

Seorang Warga Negara Indonesia ( WNI ) adalah orang yang diakui oleh undang – undang ( UU ) sebagai warga negara Republik Indonesia.

Siapakah yang dimaksud warga negara Indonesia berdasarkan Pasal 4 UU No 12 Tahun 2006?

1. orang orang bangsa indonesia dan orang orang bangsa lain yang disahkan dengan undang undang sebagai warga negara. 2. Setiap orang yang berdasarkan peraturan perundang undangan dan atau berdasarkan perjanjian pemerintah RI dengan negara lain sebelum UU ini berlaku sudah menjadi warga negara Indonesia.

Apa yang diketahui tentang Kewarganegaraan?

Kewarganegaraan dikenal dengan kata citizenship, artinya keanggotaan yang menunjukan hubungan atau ikatan negara dengan warga negara. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, warga negara adalah penduduk dalam sebuah negara berdasarkan keturunan, tempat kelahiran.

Apa saja status kewarganegaraan?

Masalah Status Kewarganegaraan

  • Apatride, yakni seseorang yang tak memiliki status kewarganegaraan.
  • Bipatride, seseorang yang memiliki dua kewarganegaraan sekaligus atau disebut kewarganegaraan ganda.
  • Multipatride, seseorang yang memiliki status kewarganegaraan lebih dari dua.

Apa isi UU No 9 tahun 1998?

Menetapkan: UNDANG-UNDANG TENTANG KEMERDEKAAN MENYAMPAIKAN PENDAPAT DI MUKA UMUM. 1.Kemerdekaan menyampaikan pendapat adalah hak setiap warga negara untuk menyampaikan pikiran dengan lisan, tulisan, dan sebagainya secara bebas dan bertanggung jawab sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

You might be interested:  Negara Yang Mendukung Kemerdekaan Indonesia Di Masa Awal Kemerdekaan?

Siapa saja yang bisa dikatakan sebagai Warga Negara Indonesia?

Yang menjadi Warga Negara Indonesia adalah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan Undang-undang sebagai warga negara.

Bagaimana syarat untuk menjadi warga negara?

Syarat Menjadi Warga Negara Indonesia

  • Sudah berusia 18 tahun atau sudah kawin meskipun belum 18 tahun.
  • Pada saat mengajukan permohonan, telah tinggal di Indonesia selama 5 tahun berturut-turut atau 10 tahun tidak berturut-turut.
  • Sehat jasmani dan rohani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *