Penyebab Utama Indonesia Memiliki Keanekaragaman Hayati Yang Tinggi?

Apa yang menyebabkan adanya keanekaragaman hayati?

Keanekaragaman hayati adalah keanekaragaman makhluk hidup yang menunjukkan keseluruhan variasi gen, spesies dan ekosistem di suatu daerah. Ada dua faktor penyebab keanekaragaman hayati, yaitu faktor genetik dan faktor luar. Faktor genetik bersifat relatif konstan atau stabil pengaruhnya terhadap morfologi organisme.

Kenapa Hutan hujan tropis di Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi?

karena hutan hujan tropis mendapat curah hujan yang paling tinggi dan mendapat cahaya matahari yang optimal sepanjang tahun dibanding dengan hutan yang lain hal ini membuat tumbuhan bisa memproduksi makanan secara optimal dan jumlahnya berlimpah serta berbagai macam tumbuhan dapat hidup dengan baik.

Faktor apakah yang menyebabkan terbentuknya Biodiversiti dan jelaskan masing masing faktor?

Penyebab terbentuknya keanekaragaman hayati ada dua faktor yaitu faktor genetik dan faktor lingkungan. faktor genetik yaitu bawaan sifat gen dari induk makhluk hidup. dan kalau faktor luar adalah faktor yang mempengaruhi kehidupan dari suatu makhluk hidup.

Apa saja faktor yang menyebabkan adanya keanekaragaman tumbuhan di Indonesia?

Faktor penyebab munculnya keragaman hayati di Indonesia:

  • Iklim Tropis yang memungkinkan banyak spesies untuk berkembang.
  • Letah geografis antara dua benua, sehingga memiliki speisies yang dipengaruhi kedua benua.
  • Bentuk geografis berupa kepulauan, yang menimbulkan banyak spesies endemik.
You might be interested:  Warisan Kebudayaan Indonesia Yang Diakui Dunia?

Dimana hutan hujan tropis di Indonesia?

persebaran hutan hujan tropis di Indonesia berada di pulau-pulau besar seperti Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Keberagaman flora dan fauna di Indonesia termasuk tinggi di dunia, jauh lebih tinggi daripada Amerika Selatan dan Afrika yang juga beriklim tropis.

Benarkah Indonesia memiliki hutan hujan tropis yang luas?

Sebagian besar keanekaragaman hayati Indonesia berpusat di hutan hujan tropis. Indonesia memiliki tutupan hutan hujan tropis terluas ketiga di dunia, setelah Brazil dan Congo.

Apa contoh hutan hujan tropis?

Contoh: hutan kalimantan, hutan sumatera, dsb.

Faktor apa yang menyebabkan terjadinya variasi tingkat gen dan spesies?

Yang menyebabkan terjadinya keanekaragaman hayati tingkat gen adalah perbedaan susunan gen pada tiap organisme. Hasilnya adalah sifat individu yang berbeda namun pada tingkatan species yang sama. Adapun penyebab keanekaragaman hayati tingkat jenis adalah pengaruh kandungan genetik pada suatu komunitas/kelompok.

Apa yang menyebabkan keanekaragaman kegiatan ekonomi di Indonesia?

Secara sederhana, keberagaman ekonomi terjadi karena kemampuan manusia berbeda-beda dalam mengelola produksi dan konsumsi sumber daya alam. Sumber daya alam yang ada di bumi ini diciptakan oleh Tuhan untuk dimanfaatkan oleh manusia. Pemanfaatan itu digunakan untuk kelangsungan hidup dan kesejahteraan umat manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *