Question: Apa Keuntungan Letak Indonesia Yang Berada Pada Garis Khatulistiwa?

Apa saja keuntungan letak Indonesia yang berada di sekitar garis khatulistiwa?

Letak astronomis Indonesia yang berada di sekitar garis khatulistiwa membuat negara ini jadi beriklim tropis. Banyak keuntungan yang bisa kita peroleh dari iklim Indonesia yang tropis ini. Salah satunya adalah tanahnya yang sangat subur, dan kaya akan sumber daya.

Apa keuntungan dari letak geografis Indonesia?

Posisi yang strategis ini berpengaruh pada berbagai hal, mulai dari kegiatan ekonomi, seperti jalur lintas perdagangan, kekayaan alam, seperti tanah yang subur, hingga keberagaman budaya.

Sebutkan apa saja keuntungan yang diperoleh Indonesia dari letak astronomis?

Keuntungan yang diperoleh dari letak astronomis yaitu:

  • Curah hujan yang tinggi, salah satunya terjadi hujan zanithal.
  • Batuan yang cepat dalam proses pelpukan sehingga membantu meningkatkan unsur hara tanah.
  • Jenis flora dan fauna yang sangat beraneka ragam.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan letak astronomis?

Dilansir dari Swinburne University of Technology, letak astronomis adalah sistem koordinat lintang dan bujur yang digunakan di Bumi. Garis lintang adalah horizontal Bumi atau garis khayal yang searah dengan garis khatulistiwa atau equator.

You might be interested:  Makanan Yang Paling Enak Di Indonesia?

Indonesia di apit oleh dua benua dan dua samudra menunjukkan posisi strategis apa keuntungan letak tersebut bagi Indonesia?

Letak Indonesia yang strategis, berada antara benua Asia dan Australia, serta dikelilingi lautan samudra Pasifik dan Hindia, malah mendatangkan banyak manfaat bagi Indonesia. Letaknya yang strategis inilah yang membuat Indonesia menjadi negara yang berada di jalur persimpangan lalu lintas dunia.

Apakah yang dimaksud dengan letak astronomis dan bagaimana pengaruh letak astronomis Indonesia?

Letak astronomis merupakan dasar untuk menentukan iklim dan daerah waktu di suatu wilayah. Letak astronomis adalah letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujur.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan letak geografis?

Geografis adalah letak suatu daerah dilihat dari kenyataannya di bumi atau posisi daerah itu pada bola bumi dibandingkan dengan posisi daerah lain. Fitur bumi yang dimaksud disini contohnya seperti benua, laut, gunung, samudera, gurun, dan lain sebagainya.

Mengapa Indonesia terletak pada garis bujur timur?

karena indonesia terletak di sebelah timur bumi, dan seperti benua afrika itu terdapat di bagian barat bumi.

Dimana letak astronomis dan letak geografis Indonesia?

Secara astronomis indonesia terletak antara 95o BT – 141o BT dan 6o LU – 11o LS. Sedangkan secara geografis Indonesia terletak antara dua benua (Benua Asia dan Benua Australia) dan dua samudera (Samudera Hindia dan Samudera Pasifik).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *