Question: Mengapa Indonesia Dijuluki Negara Maritim?

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim?

Terlebih, Indonesia memiliki berbagai budaya dan suku bangsa. Secara pengertian, mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim karena merupakan negara kepulauan dengan luas wilayah daratan yang hampir sama dengan luasnya laut dan perairan.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara agraris dan negara maritim?

Kawasan Indonesia terdiri dari 2/3 lautan, hal ini tentu menjadikan Indonesia disebut dengan negara maritim. Sedangkan agraris adalah segala aktivitas yang berkaitan dengan bidang pertanian. Ekonomi Indonesia saat ini bertumpu pada sektor pertanian, hal ini menjadikannya disebut sebagai negara agraris.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara kepulauan terbesar di dunia?

Sebagai negara kepulauan dengan wilayah laut terluas di dunia, Indonesia memiliki potensi besar menjadi poros maritim dunia dan merupakan unsur penting bagi kemajuan dan kejayaan sebuah negara. Oleh karena itu, mengapa Indonesia disebut negara kepulauan, detikers. Itulah mengapa Indonesia disebut negara kepulauan.

You might be interested:  Question: Organisasi Yang Dianggap Sebagai Pelopor Berdirinya Organisasi Pergerakan Di Indonesia Adalah?

Mengapa potensi kemaritiman di Indonesia lebih banyak dibanding dengan negara lain coba kalian sebutkan dan jelaskan?

Potensi kemaritiman Indonesia lebih banyak dibanding dengan negara lain karena: Garis pantai Indonesia terpanjang di Asia tenggara. Indonesia berbentuk kepulauan dan memiliki banyak pulau. Letak perairan Indonesia antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara beriklim tropis?

Iklim tropis adalah iklim yang terdiri dari 2 musim saja yaitu kemarau dan hujan. Indonesia masuk dalam negara beriklim tropis karena letak geografisnya yang masuk ke dalam garis khatulistiwa yang dinyatakan sebagai negara berikliim tropis.

Apa ciri ciri negara maritim?

Ciri Negara Maritim

  • Negara maritim memiliki wilayah perairan atau laut yang lebih luas sekitar 2/3 dari wilayah daratan.
  • Memiliki banyak pulau yang dikelilingi oleh perairan atau laut.
  • Memiliki sumber daya laut sangat besar, baik sumber daya alam,mineral, energi, dan lain sebagainya.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara agraris?

Indonesia dikenal sebagai negara agraris dengan sebagian besar penduduknya bekerja pada bidang pertanian. Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki lahan pertanian yang luas, sumber daya alam beraneka ragam dan berlimpah.

Mengapa sektor pertanian di Indonesia dapat dikatakan sebagai sektor vital?

Mengapa sektor pertanian di Indonesia dikatakan sebagai sektor vital. Karena sektor pertanian merupakan sumber persediaan bahan makanan dan bahan mentah yang dibutuhkan oleh suatu negara.

Mengapa sebagian besar penduduk Indonesia lebih banyak yang bekerja di sektor pertanian?

Sebagian besar penduduk Indonesia bekerja sebagai petani karena iklim dan jenis tanah di Indonesia sangat mendukung untuk kegiatan pertanian. Hal ini dikarenakan adanya pengaruh dari letak astronomis dan letak geologis Indonesia.

You might be interested:  Readers ask: Tempat Wisata Yang Terkenal Di Indonesia?

Bagaimana potensi kemaritiman di Indonesia?

Potensi Kemaritiman Indonesia, luas laut Indonesia mencakup 2/3 dari seluruh luas wilayah Indonesia, yaitu 5,8 juta km2. Kekayaan yang dapat dimanfaatkan dari sumber daya laut yang lain adalah sumber daya alam berupa mangrove, terumbu karang, dan lain-lain. Sumber daya tersebut dikenal dengan sumber daya pesisir.

Salah satu potensi kemaritiman Indonesia adalah terumbu karang dimana Indonesia merupakan salah satu yang terkaya di dunia secara ekonomis terumbu karang bermanfaat sebagai *?

Selain sebagai derah wisata, manfaat terumbu karang secara ekonomis adalah terumbu karang bisa digunakan untuk bahan pembuatan obat. Terumbu karang di Indonesia merupakan salah satu terumbu karang terluas di dunia, selain terluas keindahan terumbu karang Indonesia juga sudah terkenal ke seluruh dunia.

Potensi sumber daya alam dan Kemaritiman apa saja yang di miliki Indonesia?

Potensi sumber daya laut Indonesia tidak hanya berupa ikan, namun meliputi juga berbagai bahan tambang seperti minyak bumi, nikel, emas, bauksit, pasir, bijih besi, timah, dan lain-lain yang berada di bawah permukaan laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *