Question: Mengapa Indonesia Memiliki Keanekaragaman Yang Tinggi?

Bagaimana keanekaragaman alam Indonesia?

Keanekaragaman hayati Indonesia yang jumlahnya sangat tinggi, baru sekitar 6.000 spesies tumbuhan, 1.000 spesies hewan, dan 100 spesies jasad renik yang telah diketahui potensinya dan dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk menunjang kebutuhan hidupnya.

Faktor apa yang mempengaruhi keanekaragaman hayati di Indonesia?

Faktor yang memengaruhi keanekaragaman hayati ada dua, yaitu faktor genetik dan faktor lingkungan. Faktor keturunan disebabkan oleh adanya gen yang memberikan sifat dasar kepada makhluk hidup. Namun, sifat dasar tersebut tidak selalu dibawa secara turun-temurun.

Mengapa keanekaragaman hayati sangat penting bagi kehidupan manusia?

Keberadaan dan kelanggengan keanekaragaman hayati penting, terutama karena nilai/manfaat yang dapat disumbangkannya bagi kelangsungan hidup manusia baik secara jasmani maupun rohani, secara langsung maupun tidak langsung, serta bagi kelangsungan keberadaan keanekaragaman hayati itu sendiri.

You might be interested:  Readers ask: Jelaskan Bagaimana Keadaan Indonesia Pada Awal Kemerdekaan?

1 Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi sehingga dikenal sebagai negara megabiodiversitas Benarkah demikian jika benar Jelaskan Pernyataan tersebut berdasarkan fakta fakta yang ada?

Benar. Indonesia terletak di daerah tropis sehingga memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. Tingginya keanekaragaman hayati ini membuat Indonesia dikenal sebagai negara megabiodiversitas. Di Indonesia terdapat berbagai jenis flora dan fauna yang merupakan bagian dari keanekaragaman hayati.

Bagaimana persebaran flora di Indonesia?

KOMPAS.com – Secara umum, persebaran flora di Indonesia terdiri dari tiga kawasan utama, yakni flora sub-region Indonesia -Malaysia di bagian barat, Kepulauan Wallacea (Sulawesi, Nusa Tenggara, Timor, dan Maluku) di bagian tengah, dan sub-region Australia di bagian Timur.

Bagaimana biodiversitas di Indonesia?

Pembagian biodiversitas di Indonesia secara umum dibagi menjadi daerah Oriental atau Indonesia bagian barat (meliputi Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Bali), daerah peralihan atau Indonesia bagian tengah (meliputi Sulawesi dan Nusa tenggara) dan daerah Australis atau Indonesia bagian timur (meliputi Maluku dan Papua).

Faktor apa saja yg merusak keanekaragaman hayati?

Sementara faktor penyebab menurunnya keanekaragaman hayati untuk tingkat global adalah hilangnya habitat, alih fungsi dan fragmentasi, eksploitasi berlebih, spesies invasif, polusi dan perubahan iklim.

Faktor apa saja yang menyebabkan keanekaragaman hayati?

Ada dua faktor penyebab keanekaragaman hayati, yaitu faktor genetik dan faktor luar. Faktor genetik bersifat relatif konstan atau stabil pengaruhnya terhadap morfologi organisme. Sebaliknya, faktor luar relatif labil pengaruhnya terhadap morfologi organisme (Masmitra, 2009).

Faktor faktor apakah yang mempengaruhi keanekaragaman hayati tingkat ekosistem?

Kesimpulan:

  • Iklim, Iklim adalah faktor yang sangat mempengaruhi keanekaragaman hayati.
  • relief tanah, relief tanah adalah tinggi rendahnya permukaan bumi yang dihitung dari permukaan air laut.
  • faktor tanah, jenis tanah di suatu tempat sangat mempengaruhi tumbuhan dan hewan yang terdapat di sana.
You might be interested:  Quick Answer: Apa Saja Kendala Pengembangan Potensi Kelautan Di Indonesia?

Mengapa keanekaragaman hayati sangat penting bagi manusia?

“ Biodiversitas (keanekaragaman hayati) memiliki peranan penting, seperti menyediakan bahan pangan, sebagai sumber energi, sumber air, memberikan lingkungan berkualitas, ketenangan spiritual, sebagai penjaga kelestarian budaya, mental dan kesehatan kita sebagai manusia.

Apa itu keanekaragaman hayati dan mengapa itu penting?

Merdeka.com – Keanekaragaman hayati atau biodiversitas dapat dikatakan sebagai suatu sistem penting dalam kehidupan. Keanekaragaman hayati ini meliputi berbagai jenis kehidupan yang ada di bumi secara keseluruhan yang saling bergantung satu sama lain.

Apa manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia makhluk hidup lainnya dan bagi lingkungannya?

Manfaat keragaman hayati bagi manusia dan lingkungan, antara lain: – Meningkatkan produktivitas ekosistem masing-masing spesies. Contohnya, banyak jumlah spesies tanaman yang memiliki potensi sebagai obat-obatan, mengurangi dampak perubahan iklim, dan sumber makanan.

Mengapa keanekaragam keanekaragaman hayati flora dan fauna di Indonesia tergolong sangat tinggi?

Jawaban: Secara geografis, letak Indonesia dilewati oleh garis zamrud khatulistiwa dan memiliki iklim tropis. Hal inilah yang menyebabkan Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi.

Mengapa Indonesia memiliki Megabiodiversitas yang tinggi silahkan Jelaskan pendapatmu?

Indonesia adalah negara dengan megabiodiversitas, yang berarti Indonesia memiliki keanekaragaman sangat tinggi. Keanekaragaman ini terjadi karena dua hal, pertama adalah lokasi Indonesia yang terletak diantara dua benua, sehingga memiliki flora dan fauna yang dipengaruhi benua Asia dan Australia.

Apakah Indonesia termasuk negara megabiodiversitas?

Bentang alam Indonesia mengikuti Garis Wallacea, Garis Weber dan Garis Lydekker. Adanya perbedaan ini membuat keanekaragaman hayati menjadi sangat tinggi. Brazil, Indonesia, dan Zaire adalah tiga dari sepuluh negara dengan keanekaragaman hayati paling tinggi di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *