Question: Mengapa Kegiatan Ekonomi Masyarakat Indonesia Beragam?

Apa kegiatan ekonomi di Indonesia sangat beragam?

Iklim dan juga kondisi geografis yang strategis, membuat Indonesia memiliki banyak aktivitas ekonomi seperti pertanian, kehutanan, peternakan, perikanan, pertambangan, industri, dan perdagangan. Indonesia merupakan negara dengan hutan yang luas dan dipenuhi oleh berbagai jenis tumbuhan.

Mengapa kegiatan ekonomi masyarakat di setiap daerah berbeda-beda?

Jawaban: Karena merupakan kegiatan ekonomi yang luas maka jumlah dan macam industri berbeda – beda untuk tiap negara atau daerah. Pada umumnya, makin maju tingkat perkembangan perindustrian di suatu negara atau daerah, makin banyak jumlah dan macam industri, dan makin kompleks pula sifat kegiatan dan usaha tersebut.

Apa yang menjadi faktor keberagaman kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia?

Jawaban: 3 faktor yang mempengaruhi keberagaman ekonomi adalah kondisi geografis, Penerapan teknologi dan tingkat pendidikan.

Apakah yang dimaksud kegiatan ekonomi pertanian?

Pertanian merupakan kegiatan produksi yang menggunakan tanah sebagai faktor utama. Hasilnya tersebut adalah bahan makanan. Hasil yang diperoleh itu seperti padi, jagung, kacang, kedelai, sagu, atau umbi-umbian. Pertanian banyak menjadi mata pencaharian bagi masyarakat di Indonesia.

You might be interested:  Readers ask: Mengapa Indonesia Tidak Memperbolehkan Warga Negaranya Berstatus Ganda?

Apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi agraris Berilah contoh?

Berilah contohnya Jawab: kegiatan ekonomi agraris yaitu kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan memanfaatkan keadaan alam contohnya:Pertanian,Perternakan,Perkebunan,Perikanan​

Mengapa kegiatan penduduk di setiap daerah berbeda?

karena sumber daya alam dan lokasi di setiap daerah juga berbeda, jadi aktivitas penduduk pun terpengaruhi. contoh di pulau kalimantan terdapat sumber daya minyak dan gas bumi yang melimpah jadi rata2 aktivitas penduduknya bekerja di perminyakan dan pertambangan

Sebutkan apa saja kegiatan ekonomi?

Prinsip Kegiatan Ekonomi

  • Kegiatan Produksi. Kegiatan produksi merupakan kegiatan menghasilkan barang dan jasa.
  • Kegiatan Distribusi. Kegiatan distribusi merupakan kegiatan menyalurkan produk atau jasa agar dapat sampai ke tangan konsumen.
  • Kegiatan Konsumsi.

Mengapa pertumbuhan ekonomi masyarakat sangat penting?

Pertumbuhan ekonomi salah satu indikator yang sangat penting dalam melakukan analisi tentang pembangunan ekonomi yang terjadi pada suatu negara. Pertumbuhan ekonomi menujukkan sejauh mana aktivitas perekonomian akan menghasilkan tambahan pendapatan masyarakat pada suatu periode tertentu.

Sebutkan apa saja yang dapat mempengaruhi keberagaman ekonomi?

Apa saja yang memengaruhi keberagaman tersebut? Yang memepengaruhi keberagaman ekonomi adalah ketrampilan seseorang, peluang, pekerjaan seseorang, penghasilan, tingkat persaingan dalam mengelola sumber daya alam sesuai bidang usaha yang digelutinya.

1 Apa yang dimaksud dengan keberagaman dalam kehidupan masyarakat?

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pengertian keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang. Perbedaan dapat terlihat dari suku bangsa, ras, agama, keyakinan, ideologi politik, sosial budaya dan ekonomi dan lainnya.

Faktor lingkungan apa saja yang menyebabkan keragaman suku bangsa di Indonesia?

Faktor lingkungan apa saja yang mempengaruhi keragaman suku bangsa di Indonesia?

  • Letak strategis wilayah indonesia.
  • Kondisi kepulauan.
  • Perbedaan kondisi alam dan kondisi iklim.
  • Keadaan transportasi dan komunikasi.
  • Penerimaan masyarakat terhadap perubahan.
You might be interested:  Readers ask: Daftar Negara Yang Tidak Memiliki Hubungan Diplomatik Dengan Indonesia?

Apa saja yang termasuk kegiatan ekonomi pertanian?

Jawaban: Kegiatan ekonomi pertanian yaitu di antaranya padi, jagung, kacang, kedelai, sagu, umbiumbian, buah-buahan, dan sayur-sayuran.

Apa yang dimaksud dengan kegiatan pertanian?

Pertanian adalah suatu jenis kegiatan produksi yang berlandaskan pada proses pertumbuhan dari tumbuh-tumbuhan dan hewan. Pertanian dalam arti sempit dinamakan pertanian rakyat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *