Question: Mengapa Pemerintah Indonesia Juga Melaksanakan Revolusi Hijau?

Mengapa pemerintah Indonesia pada masa Orde Baru melaksanakan revolusi hijau?

Tujuan Revolusi hijau adalah mengubah petani-petani gaya lama (peasant) menjadi petani-petani gaya baru (farmers), memodernisasikan pertanian gaya lama guna memenuhi industrialisasi ekonomi nasional.

Jelaskan apa yang dimaksud revolusi hijau pada masa pemerintahan Orde Baru dan bagaimana pemerintah Orde Baru menerapkan revolusi hijau?

Revolusi Hijau merupakan upaya peningkatan produksi pertanian di seluruh dunia dengan menggantikan teknologi pertanian tradisional ke teknologi pertanian modern. Revolusi Hijau ini berfokus pada penemuan varietas bibit unggul biji-bijian seperti gandum, padi, dan jagung.

Apa yang menjadi penyebab terjadinya revolusi hijau?

1. Hancurnya lahan pertanian akibat Perang Dunia I dan Perang Dunia II. 3. Adanya lahan kosong. 4. Upaya peningkatan produksi pertanian.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan revolusi hijau dan dampak yang ditimbulkannya?

Revolusi Hijau adalah sebutan tidak resmi yang dipakai untuk menggambarkan perubahan fundamental dalam penggunaan teknologi budidaya pertanian yang dimulai pada tahun 1950-an hingga 1980-an di banyak negara berkembang, terutama di Asia.

You might be interested:  Quick Answer: Rumah Adat Yang Ada Di Taman Mini Indonesia?

Langkah langkah dalam Revolusi Hijau?

Di Indonesia, pemerintah punya berbagai cara untuk mendorong revolusi hijau, misalnya:

  • Intensifikasi Pertanian. Cara ini dikenal juga dengan sebutan Panca Usaha Tani.
  • 2. Ekstensifikasi Pertanian. Cara ini adalah dengan memperluas lahan dengan membuka lahan-lahan baru.
  • 3. Diversifikasi Pertanian.
  • 4. Rehabilitasi Pertanian.

Apa kunci keberhasilan Revolusi Hijau?

Sejak saat itu, Revolusi Hijau dan padi varietas baru menyebar ke seluruh Asia. Apa kunci kesuksesan Revolusi Hijau? Tidak lain adalah diperkenalkannya penggunaan pupuk kimia, pestisida dan mesin-mesin pertanian baru yang sangat tergantung pada bahan bakar fosil.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan revolusi hijau?

KOMPAS.com – Revolusi Hijau merupakan sebuah upaya modernisasi sistem dan budaya pertanian di negara-negara berkembang, khususnya di Amerika Latin dan Asia.

Program apa saja untuk melaksanakan revolusi hijau?

Revolusi hijau di Indonesia dilaksanakan melalui empat program yaitu: Intensifikasi Pertanian, yang merupakan metode peningkatan hasil pertanian dengan melaksanakan Panca Usaha Tani yaitu perbaikan teknik pengolahan lahan, pengaturan irigasi, penggunaan bibit unggul, pemupukan, dan pemberantasan hama.

Uraikan langkah langkah intensifikasi pertanian?

Jawaban:

  1. Pengolahan Tanah yang Baik. Cara intensifikasi pertanian modern yang pertama ialah dengan melakukan pengolahan tanah dengan baik.
  2. Pengairan / Irigasi yang Teratur.
  3. Pemilihan Bibit Unggul.
  4. Pemupukan.
  5. Pemberantasan Hama dan Penyakit Tanaman.

Apa yang menjadi latar belakang Revolusi Hijau?

Adapun latar belakang lahirnya Revolusi Hijau adalah sebagai berikut:1. Hancurnya lahan pertanian akibat Perang Dunia I dan Perang Dunia II.2. Pertambahan penduduk sehingga kebutuhan pangan juga meningkat.3. Adanya lahan kosong.4. Upaya peningkatan produksi pertanian.

Mengapa sistem Revolusi Hijau berdampak buruk bagi kearifan lokal?

Hal ini dikarenakan sudah ada ketetapan dan cara dari generasi sebelumnya untuk tetap menikmati hasil dari alam tanpa merusak lingkungan. Di samping itu muncul keserakahan dari kaum pemilik modal untuk mengambil keuntungan sebesar-besarnya. Inilah mengapa revolusi hijau sangat berdampak buruk bagi kearifan lokal.

You might be interested:  Often asked: How Many Provinces In Indonesia?

Jelaskan apa yang dimaksud Revolusi Hijau dan bagaimana pelaksanaannya di Indonesia?

Revolusi Hijau merupakan sebuah usaha dalam mengembangkan teknolosi pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan. Revolusi ini dengan kata lain mengubah pertanian yang sebelumnya menggunakan teknologi tradisional, menjadi pertanian dengan teknologi modern.

Apa yang dimaksudkan dengan green revolution gr atau Revolusi Hijau?

Green Revolution atau Revolusi Hijau adalah perubahan secara cepat menyangkut masalah pembaruan teknologi pentanian dan peningkatan produksi pertanian secara kuantitatif. Revolusi Hijau merupakan bagian dari perubahan- perubahan yang terjadi dalam sistem pertanian pada masa itu.

Apa yang dimaksud Revolusi Hijau brainly?

Revolusi Hijau adalah suatu perubahan cara bercocok tanam, dari cara tradisionl ke cara modern. Atau secara umum, Revolusi hijau adalah usaha manusia dalam meningkatkan produksi pangan atau makanan dengan jalan melakukan pengembangan pada teknologi pertanian untuk mencukupi kebutuhan pangan dan kesejahteraan penduduk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *