Question: Peristiwa Apa Yang Terjadi Pada Teks Uniknya Keragaman Indonesia Dalam Festival Kuwung 2016?

Keberagaman apa yang terdapat dalam Festival Kuwung?

Festival Kuwung menampilkan banyak sekali etnis yang ada di Banyuwangi, antara lain Suku Using yang merupakan suku orisinil Banyuwangi, suku Jawa Matraman, Suku Mandar, Suku Madura, Etnis Tionghoa, Etnis Arab, Etnis Bali. Masing-masing suku/etnis menampilkan salah satu kesenian khas tempat masing-masing.

Apa tema dari Festival Kuwung 2016?

Festival Kuwung 2016, mengangkat tema Kembang Setaman Bumi Blambangan. Tema ini sebagai perlambang keharmonisan hidup masyarakat Banyuwangi yang terdiri dari berbagai etnis dan latar belakang budaya.

Dalam rangka apa Festival Kuwung diadakan?

“ Festival Kuwung adalah etalase kebudayaan dan seni asli Banyuwangi. Festival ini dihadirkan untuk menjadi panggung eksistensi seni dan budaya asli Banyuwangi yang beragam untuk tetap lestari,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Apa yang dimaksud dengan festival Saulak?

Tradisi Saulak merupakan tradisi ijab kabul khas warga Mandar yang merupakan warga pesisir pantai. Berikutnya pawai menampilkan etnis Jawa Mataraman membawakan fragmen berjudul Cungkup Tapanrejo yang mengisahkan tebang bantalan warga Jawa dalam memulai kehidupan baru.

You might be interested:  FAQ: Kapan Nct Konser Di Indonesia?

Apa saja etnis yang hidup di Banyuwangi?

“Di Banyuwangi sendiri beragam etnis seperti Suku Jawa, Suku Using, Bali, Etnis Madura, Etnis Tionghoa, Etnis Arab menjadi penduduk daerah yang telah berpuluh tahun hidup berdampingan dalam kerukunan,” katanya.

Sikap apa yang dapat tiru dari teks?

Jawab: Sikap yang dapat ditiru dari teks adalah hidup rukun, dan saling menghargai meskipun memiliki latar belakang suku dan etnis yang berbeda.

Etnis suku bangsa apa saja yang ada di Banyuwangi?

Jadi, seni budaya Banyuwangi lahir dari keberagaman etnis. Paling tidak terdapat 7 etnis besar yang akur hidup berdampingan di Banyuwangi, yaitu suku Osing, Jawa Mataraman, Madura, Bali, Mandar, Tionghoa, dan Arab. Demikian pula hal agama, semua agama besar berkembang dengan baik dan hidup rukun di sini.

Dalam rangka Apakah Kuwung digelar?

Festival yang digelar dalam rangka hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke 245 ini menyuguhkan beragam tradisi daerah yang dikemas dalam sebuah pertunjukan yang megah. Festival Kuwung menampilkan beberapa keragaman budaya beragam etnis dan suku dalam rangkaian fragmen yang menarik.

Dalam rangka apakah Festival Kuwung diadakan brainly?

Festival ini digelar untuk menampilkan beragam budaya Banyuwangi dalam sebuah parade seni budaya. “ Festival Kuwung adalah etalase kebudayaan dan seni asli Banyuwangi.

Apa nama festival untuk peringatan Harjaba?

Banyuwangi Festival atau bisa disingkat dengan B-Fest adalah acara tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi pada rentang waktu Oktober hingga Desember setiap tahunnya. Acara ini diselenggarakan untuk memperingati hari jadi Kabupaten Banyuwangi yang jatuh pada 18 Desember.

Tradisi pernikahan khas warga Mandar yang merupakan warga pesisir pantai apa?

Tradisi Saulak merupakan tradisi pernikahan khas warga Mandar yang merupakan warga pesisir pantai. Berasal dari manakah tradisi Saulak itu?

You might be interested:  Contoh Perusahaan Firma Yang Ada Di Indonesia?

Apa yang kamu ketahui tentang Festival Kuwung di Banyuwangi?

Festival Kuwung adalah salah satu event festival tertua di Banyuwangi. Festival ini digelar untuk menampilkan beragam budaya Banyuwangi dalam sebuah parade seni budaya. Sesuai namanya Kuwung, yang arting artinya pelangi dalam bahasa setempat.

Siapakah yang menampilkan acara yang bertemakan Liong Harmoni Tionghoa?

Etnis Bali menampilkan tradisi Melasti Bali Banyuwangen serta atraksi Ogoh-Ogoh. Etnis Tionghoa juga memeriahkan acara dengan menampilkan fragmen bertema Liong Harmoni Tionghoa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *