Quick Answer: Bagaimana Pengelolaan Kekayaan Alam Yang Terkandung Di Wilayah Negara Indonesia?

Bagaimana pengelolaan kekayaan alam yang terkandung di wilayah negara Indonesia berdasarkan UUD 1945?

Pengeloaan kekayaan alam sudah diatur dalam UUD 1945 pasal 33 ayat 3 yaitu bahwa bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.

Bagaimana pengelolaan kekayaan alam menurut pasal 33 UUD 1945?

Landasan filosofi pengelolaan sumber daya alam di Indonesia adalah Pasal 33 ayat (3) UUD Negara Republik Indonesia 1945, yang menyatakan bahwa bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Jelaskan apa kaitannya pasal 33 ayat 3 UUD 1945 dengan azas tanah dikuasai oleh negara?

Sedangkan Pasal 33 ayat ( 3 ) menentukan bahwa “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat”.Namun tidak adatafsir yangsecara khusus menjelaskanmakna “ dikuasai oleh negara ” baik di dalam Batang Tubuh maupun didalam Penjelasan UUD

You might be interested:  Quick Answer: Kapan Indonesia Merdeka?

Bagaimana bunyi UUD 1945 pasal 33 ayat 3 dan bagaimana penjelasannya?

Berdasarkan jiwa Pasal 33 ayat (3) Undang-Undang Dasar 1945, Minyak dan Gas Bumi sebagai sumber daya alam strategis yang terkandung di dalam bumi Wilayah Hukum Pertambangan Indonesia merupakan kekayaan nasional yang dikuasai negara.

Jelaskan apa yang dijamin oleh Undang-Undang Dasar 1945 pasal 33?

Ayat 1 Pasal 33 UUD 1945 menegaskan, bahwa “Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan”. Mari kita baca Penjelasan Pasal 33 UUD 1945 “… Perekonomian berdasar atas demokrasi ekonomi, kemakmuran bagi semua orang.

Apa bunyi UUD 1945 pasal 33?

Pasal 33 ayat (1) UUD 1945 menegaskan bahwa “Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.” Makna yang terkandung dalam ayat tersebut sangat dalam yakni sistem ekonomi yang dikembangkan seharusnya tidak basis persaingan serta atas asas yang sangat individualistik.

Apa yang anda pahami tentang pasal 33?

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945) Pasal 33 ayat (1) menegaskan bahwa perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.

3 hak menguasai tanah berarti memberi wewenang kepada Negara Jelaskan untuk apa sebenarnya?

Hak menguasai dari Negara memberi wewenang kepada Negara untuk: mengatur dan menyelenggarakan peruntukan, penggunaan, persediaan dan pemeliharaan bumi, air dan ruang angkasa tersebut; menentukan dan mengatur hubungan-hubungan hukum antara orang-orang dengan bumi, air dan ruang angkasa.

Wewenang apa saja yang diberikan UUPA atas penguasaan tanah oleh Negara?

Pasal 2 ayat (2) UUPA mendefinisikan hak menguasai negara atas tanah ini sebagai kewenangan negara untuk: a. mengatur dan menyelenggarakan peruntukan, penggunaan, persediaan dan pemeliharaan bumi, air dan ruang angkasa tersebut; b. menentukan dan mengatur hubungan-hubungan hukum antara orang-orang dengan bumi, air dan

You might be interested:  Quick Answer: Apa Yang Diajarkan Nilai Kedua Pancasila Kepada Warga Negara Indonesia?

Apa makna dari pasal 33 ayat 3 UUD 1945 bagi sistem perekenomian di Indonesia?

Pasal 33 Ayat ( 3 ) UUD 1945 menyatakan: “ Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat”. Oleh karena itu Pasal 33 Undang Undang Dasar 1945 secara imperatif menjadi dasar dalam pembangunan hukum ekonomi di Indonesia.

Apa makna pasal 33 ayat 4 Undang Undang Dasar 1945?

Disimpulkan bahwa makna dari “efisiensi berkeadilan” dalam Pasal 33 ayat ( 4 ) adalah perekonomian nasional diselenggarakan dengan menggunakan sumber daya seminimal mungkin untuk mencapai kemakmuran sebesar-besarnya yang dapat dinikmati secara merata oleh seluruh rakyat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *