Quick Answer: Berapa Provinsi Yang Ada Di Indonesia?

Berapa banyak provinsi di Indonesia 2020?

Dalam pembagian administratif, Indonesia terdiri atas provinsi, yang dikepalai oleh seorang gubernur. Saat ini di Indonesia memiliki 34 provinsi.

Berapa total provinsi di Indonesia?

Yap, betul sekali! Mulai tahun 2012, Indonesia disepakati memiliki 34 provinsi yang tersebar di seluruh pulau. Pada masa awal kemerdekaan, Indonesia hanya memiliki 8 provinsi. Kedelapan provinsi itu adalah Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sunda Kecil, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku.

Kabupaten Indonesia ada berapa?

Berikut merupakan artikel tentang Daftar Kabupaten dan Kota di Indonesia. Halaman ini berisi daftar kabupaten (415), kabupaten administrasi (1), kota (93), dan kota administrasi (5) dalam 34 provinsi di Indonesia.

Berapa jumlah bahasa yang ada di Indonesia?

Indonesia memiliki 718 bahasa daerah dan bahasa Indonesia itu sendiri sebagai bahasa resmi nasional. Meskipun dipahami dan dituturkan oleh lebih dari 90% warga Indonesia, Bahasa Indonesia bukanlah bahasa ibu bagi kebanyakan penuturnya.

Berapa provinsi di Pulau Kalimantan?

Kalimantan wilayah Indonesia dibagi menjadi lima provinsi berdasarkan urutan pembentukannya: Kalimantan Selatan dengan ibu kota Banjarmasin. Kalimantan Barat dengan ibu kota Pontianak. Kalimantan Timur dengan ibu kota Samarinda.

Provinsi di Pulau Sumatera ada berapa?

Dari lima provinsi kaya di Indonesia, tiga provinsi terdapat di pulau Sumatera, yaitu provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Riau dan Sumatera Selatan.

You might be interested:  Sebutkan Nama Lain Gotong Royong Yang Ada Di Indonesia?

Berapa provinsi di indonesia tahun 2021?

Total ada 34 provinsi yang terdapat di berbagai pulau. Berikut ini daftar provinsi di Indonesia dan nama ibukotanya, seperti dilansir dari laman Geografi.org, Senin (26/4/ 2021 ).

Berapa ibukota di Indonesia?

Indonesia adalah sebuah negara kesatuan yang berbentuk republik yang memiliki 34 ibu kota provinsi.

Kabupaten DKI Jakarta Apa?

DKI Jakarta terbagi menjadi satu kabupaten administrasi dan lima kota administrasi.

Kabupaten dan kota apakah sama?

Kabupaten adalah pembagian wilayah administratif di Indonesia setelah provinsi, yang dipimpin oleh seorang bupati. Selain kabupaten, pembagian wilayah administratif setelah provinsi adalah kota. Secara umum, baik kabupaten dan kota memiliki wewenang yang sama.

Berapa jumlah kabupaten setelah pemekaran daerah?

Jawaban: 173 kabupaten dari 215 daerah. Penjelasan: 215 daerah otonom baru yang terdiri dari tujuh provinsi, 173 kabupaten, dan 35 kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *