Quick Answer: Lambang Koperasi Indonesia Yang Baru Dan Artinya?

Apa arti gambar bunga pada lambang koperasi indonesia?

Pada logo yang sempat digunakan mediao 2012-2015 tersebut, terdapat gambar bunga. Bunga merupakan simbol perkembangan serta kemajuan perkoperasian Indonesia. Harapannya, Koperasi Indonesia senantiasa berkembang menjadi lebih cemerlang, inovatif, produktif, serta berorentasi pada keunggulan dan teknologi.

Apa makna dari koperasi Indonesia?

Berdasarkan undang-undang nomor 12 tahun 1967, koperasi indonesia adalah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial dan beranggotakan orang-orang, badan-badan hukum koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.

Sejak kapan berlakunya logo koperasi yang baru?

Sesuai dengan Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah ( Permen KUKM ) NOMOR: 02/Per/M.KUKM/IV/2012 tentang Penggunaan Lambang Koperasi Indonesia, maka mulai tanggal 12 April 2012 telah terjadi penggantian lambang koperasi.

Simbol apa saja yang ada dalam koperasi?

Lambang koperasi sendiri terdiri dari rantai, gigi roda, kapas dan padi, timbangan, bintang dan prisai, pohon beringin, tulisan Koperasi Indonesia, serta warna merah dan putih. Lambang ini menggambarkan persahabatan. Menggambarkan usaha karya yang terusmenerus dari golongan koperasi.

Apa arti lambang koperasi bintang?

Berikut arti lambang koperasi dan penjelasannya seperti dikutip dari situs Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah: Rantai melambangkan persahabatan yang kokoh. Timbangan melambangkan Keadilan sosial sebagai salah satu dasar koperasi. Bintang dalam perisai artinya Pancasila, merupakan landasan idiil koperasi.

You might be interested:  FAQ: Ada Apa Dengan Garuda Indonesia?

Apa arti lambang koperasi?

Roda Bergigi: menggambarkan upaya keras yang ditempuh secara terus-menerus. Kapas dan Padi (di sebelah kanan): menggambarkan kemakmuran anggota koperasi secara khusus dan merakyat secara umum yang diusahakan oleh koperasi tersebut.

Apa arti kiasan dari roda bergigi 10?

Tanda Pengurus Dewan Ambalan/Racana berbentuk roda gigi dengan 10 buah gigi, serta bintang bersudut lima, memberi arti kiasan bahwa Pengurus Dewan Ambalan/Racana bertugas menggerakkan para Pramuka Penegak/Pandega putra dan putri (dua buah tunas kelapa berpasangan) untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka dengan pengamalan

Siapa yang menciptakan Lambang koperasi Indonesia?

Pembuatan logo koperasi Saat logo dibuat, Soewarmin merupakan seorang guru SLA di Bogor. Dia membuat logo pada 1960 saat digelar sayembara. Begitu sayembara logo dibuka, Soewarmin langsung membuat coretan-coretan desain.

Mengapa lambang koperasi di ganti?

Alasan dirubahnya kembali logo koperasi adalah sesuai aspirasi gerakan koperasi Indonesia yang menghendaki lambang /logo gerakan koperasi Indonesia dikembalikan menjadi lambang /logo gerakan koperasi Indonesia sebagaimana ditetapkan dalam kongres Koperasi Indonesia pertama di Tasikmalaya tahun 1947, sehingga Peraturan

Koperasi didirikan pada tanggal berapa?

Pada tanggal 12 Juli 1947, pergerakan koperasi di Indonesia mengadakan Kongres Koperasi yang pertama di Tasikmalaya. Hari ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Koperasi Indonesia.

Apa lambang koperasi yang Baru?

Lambang Koperasi Indonesia yang baru itu didominasi oleh warna hijau pastel yang berwibawa dan menimbulkan kesan kalem. Bentuknya juga lain sama sekali dari yang sebelumnya yang berbentuk pohon beringin yang dikelilingi kapas dan padi, timbangan, bintang dalam perisai, gerigi roda, dan berwarna merah dan putih.

Alasan apakah lambang keadilan berbentuk timbangan jelaskan?

Timbangan, sebelah tangan dari dewi yang matanya tertutup ini mengangkat timbangan yang seimbang. Maknanya adalah hukum tidak pernah memihak, setiap perbuatan akan ditimbang berat ringannya sebelum hukuman dijatuhkan.

You might be interested:  Buatan Indonesia Yang Mendunia?

Apa tujuan utama dari koperasi?

Sementara menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 1992 Pasal 3, tujuan koperasi Indonesia adalah memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *