Quick Answer: Mengapa Korupsi Sulit Diberantas Di Indonesia?

Mengapa korupsi sulit diberantas di Indonesia uraikan jawabannya?

Menjadi sebuah realitas kasus, secanggih apapun sistem jika masih ada KKN maka sistem akan menjadi mandul dan hukum menjadi pandang bulu. Korupsi sangat sulit diberantas di Indonesia karena jika ditinjau dari sisi historisnya para penjajah dan pendahulu sudah menampilkan serta mengajarkan kita perilaku koruptif.

Mengapa korupsi sulit diberantas brainly?

karena indonesia kurang tegas dalam memberi sanksi kepada koruptor. karena pendidikan jaman dulu yang belu mengutamakan sikap daripada pengetahuan. Buktinya sekarang kejujuran sulit didapat apalagi para pejabat-pejabat negara yang mata duitan..

Mengapa korupsi masih saja ada di Indonesia?

Salah satu penyebab korupsi di Indonesia adalah masih bertahannya sikap primitif terhadap praktik korupsi karena belum ada kejelasan mengenai batasan bagi istilah korupsi. Adanya sifat serakah dalam diri manusia dan himpitan ekonomi serta self esteem yang rendah dapat membuat seseorang melakukan korupsi.

Apakah korupsi di Indonesia bisa di berantas?

Tidak ada cara lain, korupsi harus diberantas. Selain merusak sendi- sendi kehidupan berbangsa dan bernegara, korupsi juga merusak sistem perekonomian. Imbasnya, apa lagi kalau bukan membuat negeri kita yang kaya raya itu masih belum juga bisa mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan.

You might be interested:  Readers ask: How Many Culture In Indonesia?

Mengapa korupsi harus diberantas hingga tuntas?

Korupsi harus diberantas karena korupsi bisa berdampak kerugian di segala segi kehidupan, mulai dari kemiskinan hingga hancurnya perekonomian negara. Peran serta masyarakat dalam pemberantasan korupsi adalah mencegah, melaporkan dan menolak ikut serta dalam praktik korupsi.

Bagaimana cara yang terbaik untuk memberantas korupsi?

Namun korupsi tak hanya dilakukan oleh pejabat negara. Setiap orang bisa saja secara tidak sadar sudah terlibat dalam tindak korupsi.

  1. Berikan Hukuman Berat Pada Koruptor.
  2. 2. Jadi Pemimpin Yang Berintegritas.
  3. Manfaatkan Teknologi Pada Sistem.
  4. 4. Bangun Pendidikan Moral Sejak Kecil.

Perilaku korupsi bertentangan dengan sila ke berapa?

Setiap tahun, selalu ada kasus korupsi yang menggegerkan publik. Bahkan, tindakan korupsi itu sendiri telah menjelma menjadi suatu budaya politik yang sulit disembuhkan. Praktik korupsi ini secara langsung bertentangan dengan sila kelima Pancasila ‘Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia’.

Korupsi penyimpangan sila ke berapa?

Korupsi juga sudah melawan atau melanggar terhadap sila kelima pancasila yang berbunyi “keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Apa yang dimaksud dengan perbuatan korupsi?

Dalam ukuran umum, korupsi adalah semua tindakan tidak jujur dengan memanfaatkan jabatan atau kuasa yang dimiliki untuk mendapatkan keuntungan bagi pribadi atau orang lain.

Mengapa korupsi masih saja terjadi?

Faktor Politik Politik merupakan salah satu penyebab terjadinya korupsi. Hal ini dapat dilihat ketika terjadi instabilitas politik, kepentingan politis para pemegang kekuasaan, bahkan ketika meraih dan mempertahankan kekuasaan. Perilaku korup seperti penyuapan dan politik uang merupakan fenomena yang sering terjadi.

Bagaimana konsep pemberantasan korupsi di Indonesia?

Pemberantasan tindak pidana korupsi adalah serangkaian tindakan untuk mencegah dan memberantas tindak pidana korupsi melalui upaya koordinasi, supervisi, monitor, penyelidikan, penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan di sidang pengadilan, dengan peran serta masyarakat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang

You might be interested:  Quick Answer: Artis Indonesia Yang Melakukan Operasi Plastik Wajah?

Bisakah korupsi di Indonesia diberantas atau setidaknya diminimalisir?

Kedua, lembaga penegak hukum seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Mahkamah Agung (MA) harus adil dan tegas kepada para pelaku korupsi atau koruptor dalam upaya pemberantasan korupsi.

Apakah korupsi bisa di hapus?

Pengamat: Korupsi Tak Bisa Dihapus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *