Quick Answer: Mengapa Letak Geologi Indonesia Dapat Berpotensi Menimbulkan Bencana?

Benarkah letak geologis Indonesia berpotensi mengakibatkan rawan bencana jelaskan?

Letak geologis Indonesia berada pada pertemuan 3 lempeng litosfer. Dan apabila lempeng tersebut bertabrakan maka akan menyebabkan gempa dan akan berpotensi tsunami maupun tanah longsor.

Mengapa Letak geologis Indonesia menyebabkan banyak bencana?

Tumbukan lempeng-lempeng di Indonesia membentuk rangkaian pegunungan yang sebagian menjadi gunung berapi di sepanjang Pulau Sumatra, Jawa, dan Nusa Tenggara. Dampak dari kondisi geologis Indonesia ini yaitu munculnya fenomena gempa bumi karena tumbukan lempeng-lempeng di Indonesia.

Mengapa letak geologi Indonesia?

Penanda letak geologis Indonesia lainnya adalah pertemuan tiga lempeng tektonik. Ketiganya adalah Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik. Pertemuan ketiganya menyebabkan Indonesia berada di wilayah ring of fire atau cincin api Pasifik. Ring of fire adalah sebutan untuk wilayah yang sering dilanda gempa bumi.

Mengapa Letak geologis Indonesia menyebabkan Indonesia rawan terhadap bencana gempa bumi dan tsunami?

2. Indonesia berada di titik pertemuan tiga lempeng litosfer, yaitu lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng pasifik. Ketiga lempeng ini sering mengalami gesekan. Akibatnya, di Indonesia sering terjadi gempa bumi.

You might be interested:  Question: Siapa Nama Presiden Pertama Indonesia?

Mengapa Letak geologis dapat mempengaruhi sumber daya alam terutama sumber daya mineral?

Alasan letak geologis dapat memengaruhi sumber daya alam terutama sumber mineral adalah sebagai berikut. Sumber daya mineral berasal dari aktivitas lempeng bumi. Sumbe daya mineral berasal dari pengaruh temperatur dan tekanan dalam bumi. Disinilah letak geografis berpengaruh besar.

Kenapa banyak gunung berapi di Indonesia?

Kepulauan Indonesia merupakan pertemuan antar lempeng, yaitu lempeng Eurasia dan Australia. Selain pertemuan dua lempeng, juga terdapat subduksi lempeng samudra hindia di bawah Pulau Sumatera dan Jawa. Hal tersebut mengakibatkan banyaknya zona gempa di Indonesia dan juga terbentuknya gunung – gunung berapi di Indonesia.

Bagaimana akibat dari letak Indonesia yang berada diantara lempeng yang aktif?

Akibat dari letak Indonesia yang berada di antara lempeng yang aktif adalah Indonesia menjadi daerah yang rawan terjadi bencana gempa bumi dan tsunami. Secara geologis, Indonesia dilalui oleh tiga lempeng, yaitu lempeng Eurasia, lempeng Indo -Australia, dan lempeng Pasifik.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan letak astronomis?

Beda dengan letak geografis yang berhubungan dengan letak dan bentuk, letak astronomis adalah letak wilayah berdasarkan posisi garis lintang dan garis bujur. Sementara garis bujur adalah garis yang menghubungkan kutub utara dan selatan sekaligus garis yang membagi bumi menjadi belahan bumi barat dan timur.

Bagaimana pengaruh posisi geologis terhadap kondisi geologis Indonesia?

Pengaruh letak geologis bagi Indonesia yaitu: Indonesia memiliki banyak gunung api aktif terutama di wilayah Barat, yaitu Pulau Sumatera dan pulau Jawa. Hal ini disebabkan oleh rangkaian sirkum Pegunungan Mediterania. Hal ini dikarenakan oleh aktivitas gunung berapi yang menghasilkan tanah vulkanik.

You might be interested:  Quick Answer: Siapa Suku Asli Nenek Moyang Indonesia?

Dimana Posisi geologis Indonesia?

Letak geologis Indonesia yang berada di titik pertemuan dari tiga lempeng tektonik besar, yaitu Lempeng Indo -Australia, Lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik. Di daerah pertemuan antar lempeng ini mengakibatkan bebarapa daerah di Indonesia rawan terjadi gempa bumi.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan geologi?

Kata geologi berasal dari dua kata bahasa Yunani, yaitu geos ( yang berarti bumi) dan logos ( yang berarti ilmu). Jadi, Geologi adalah studi mengenai bumi dan fenomena yang terjadi di dalamnya. Karakteristik dan ciri khusus dari batuan itulah yang dipelajari oleh geologi.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan letak geografis?

Letak geografis adalah posisi keberadaan sebuah wilayah berdasarkan letak dan bentuknya dimuka bumi. Letak geografis biasanya di batasi dengan berbagai fitur geografi yang ada di bumi dan nama daerah yang secara langsung bersebelahan dengan daerah tersebut.

Mengapa Indonesia termasuk negara yang rawan bencana?

Berada di Titik Pertemuan Tiga Lempeng Selain berada di cincin api pasifik, Indonesia juga merupakan titik bertemunya lempeng Pasifik, Eurasia, dan lempeng Indo-Australia. Jika ketiga lempeng ini mengalami beberapa kondisi seperti bergeser, pecah, atau mencuat ke atas, maka akan menyebabkan terjadinya gempa bumi.

Bagaimana letak geologis Indonesia brainly?

Jawaban: Letak geologis Indonesia sebagai berikut: ⇒ Indonesia dilalui oleh dua buah rangkaian pegunungan besar di dunia, yaitu rangkaian Sirkum Meditrania dan Sirkum Pasifik. ⇒ Indonesia terletak pada pertemuan lempeng lithosfer, yaitu lempeng Indo – Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *