Quick Answer: Negara Pertama Yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia?

Negara manakah yang pertama kali mengakui kemerdekaan Indonesia?

Raja Abdul Azis memberikan surat pengakuan Kerajaan Arab Saudi terhadap kemerdekaan RI. Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada 24 November 1947. Selain ketiga negara di atas, Suriah, Yaman, Hindia, hingga Vatikan menjadi negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

Negara apa saja yang mendukung kemerdekaan Indonesia?

5 Negara Pertama yang Akui Kemerdekaan Indonesia, Mana Saja?

  • Mesir. Sebagaimana dimuat dalam buku Indonesia, Islam, and Democracy yang ditulis oleh pakar Azyumardi Azra, disebutkan bahwa Mesir merupakan negara pertama yang mengakui dan mendukung kemerdekaan Indonesia.
  • 2. Suriah.
  • 3. Lebanon.
  • 4. Arab Saudi.
  • Yaman.

Apakah benar Palestina negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia?

Palestina. Palestina secara de facto mengakui RI sebagai negara yang merdeka setahun sebelum kemerdekaan RI yang sebenarnya, yaitu pada 6 September 1944. Pengakuan ini disebarluaskan ke seluruh dunia Islam oleh seorang mufti besar Palestina, Syekh Muhammad Amin Al-Husaini.

Kapan negara Palestina mengakui kemerdekaan Indonesia?

KOMPAS.com – Palestina merupakan salah satu negara pertama yang mengakui Indonesia sebagai negara merdeka secara de facto, tanggal 6 September 1944. Pengakuan ini disebarluaskan ke seluruh dunia oleh seorang mufti besar Palestina, Syekh Muhammad Amin Al-Husaini.

You might be interested:  Quick Answer: Lagu Indonesia Yang Bikin Baper?

Apakah negara di dunia mendukung atau mengakui sepenuhnya kemerdekaan Indonesia?

Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, negara negara didunia memberikan respon terhadap kemerdekaan Indonesia. Ada yang mendukung kemerdekaan dengan memberikan pengakuan kemerdekaan baik secara de fakto maupun secara hokum (de jure), dan ada yang menolak dan belum mengakui kemerdekaan Indonesia.

Apakah negara Suriah mendukung kemerdekaan Indonesia?

Suriah yang merupakan salah satu anggota Liga Arab memperjuangkan persoalan itu dalam sidang PBB 1947. Agresi militer Belanda di Indonesia akhirnya dihentikan melalui perundingan secara damai. Lebanon menyusul Mesir dan Suriah masuk dalam daftar negara yang mengakui kemerdekaan Indonesia.

Kenapa India mendukung kemerdekaan Indonesia?

Latar Belakang Dukungan India Dukungan yang diberikan India terhadap kemerdekaan Indonesia didaasari oleh: Perasaan senasib dan sepenanggungan sebagai bangsa yang terjajah oleh imperialisme dan kolonialisme bangsa Barat. India dan Indonesia memiliki kedekatan sejarah dan budaya dengan Indonesia sejak abad ke-5 Masehi.

Bagaimana respon internasional terhadap kemerdekaan Indonesia brainly?

Adapun respon internasional terhadap proklamasi kemerdekaan Indonesia ada yang positif dan negatif. Artinya proklamasi kemerdekaan yang terjadi di Indonesia mendapat pengakuan dari negara-negara asing diantaranya Mesir dan India. Adapun respon negatifnya dari negara Belanda yang menolak kemerdekaan Indonesia.

Apa latar belakang Australia berbalik mendukung Indonesia?

Berdasarkan penjelasan di atas, jawabannya adalah D. Latar belakang Australia berbalik mendukung Indonesia disebabkan oleh desakan persatuan buruh Australia yang mendukung kemerdekaan di Indonesia.

Kapan Indonesia merdeka secara de facto?

KOMPAS.com – Pada 17 Agustus 1945, Indonesia menyatakan kemerdekaannya melalui proklamasi yang disampaikan oleh Soekarno.

Mengapa Belanda tidak mengakui kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945?

Belanda secara resmi tidak mau mengakui kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Alasan mengapa Belanda tidak mau mengakui kemerdekaan Indonesia, karena Belanda menganggap kemerdekaan Indonesia baru terjadi pada 27 Agustus 1949.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *