Quick Answer: Warga Negara Asing Yang Menjadi Warga Negara Indonesia?

Siapa saja yang menjadi warga negara Indonesia?

Siapa Saja yang Disebut sebagai Warga Negara Indonesia Warga Negara Indonesia adalah orang yang telah diakui oleh undang-undang (UU) sebagai warga negara Republik Indonesia.

Apakah setiap penduduk di Indonesia dapat dikatakan sebagai warga negara Indonesia jelaskan?

Menurut Undang-undang Dasar 1945 pasal 26 ayat 1 yang bunyinya “Yang menjadi warga negara ialah orang-orang Indonesia asli dan orang-orang dari bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara ”. Warga negara belum tentu seorang penduduk. Maka dia termasuk dalam kategori penduduk.

Siapa saja yang dimaksud warga negara Indonesia dan bagaimana kedudukannya?

Seorang Warga Negara Indonesia ( WNI ) adalah orang yang diakui oleh undang-undang (UU) sebagai warga negara Republik Indonesia. anak dari seorang ayah atau ibu yang telah dikabulkan permohonan kewarganegaraannya, kemudian ayah atau ibunya meninggal dunia sebelum mengucapkan sumpah atau menyatakan janji setia.

You might be interested:  Often asked: Jajanan Korea Yang Hits Di Indonesia?

Siapakah warga negara Indonesia WNI dan bagaimana perihal kewarganegaraan di Indonesia?

Seorang Warga Negara Indonesia ( WNI ) adalah orang yang diakui oleh UU sebagai warga negara Republik Indonesia. Kepada orang ini akan diberikan Kartu Tanda Penduduk (KTP), berdasarkan kabupaten atau (khusus DKI Jakarta) Provinsi, tempat ia terdaftar sebagai penduduk/ warga.

Siapa saja yang menjadi warga negara Indonesia menurut UU No 12 tahun 2006?

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia, yang lahir dimasa orde reformasi merupakan perkembangan hukum dibidang ketatanegaraan dan sekaligus menghapuskan diskriminasi kewarganegaraan, sehingga berdasarkan undang-undang ini tidak terdapat lagi warga negara Indonesia dan warga negara

Bagaimana syarat untuk bisa menjadi warga negara?

Ada 8 persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu:

  • Telah berusia 18 tahun atau sudah menikah.
  • Pada saat mengajukan permohonan, telah tinggal di Indonesia selama 5 tahun berturut-turut atau 10 tahun tidak berturut-turut.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Dapat berbahasa Indonesia serta mengakui dasar negara Pancasila dan UUD 1945.

Apakah setiap orang asing yang datang dan menetap di Indonesia dapat di katakan sebagai penduduk Indonesia?

iya, karena orang asing tersebut sudah menetap, dan tentunya akan menjadi warga negara indonesia. sebagaimana dijelaskan: 2) Penduduk ialah warga negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia. 3) Hal-hal mengenai warga negara dan penduduk diatur dengan undangundang.

Apa di Indonesia boleh memiliki dua kewarganegaraan?

Berkaca dari kasus tersebut, Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana mengungkapkan, seorang WNI tidak bisa memiliki kewarganegaraan ganda.

Warga negara yang baik itu seperti apa?

Rela berkorban untuk bangsa dan negara. 2. Menaati aturan dan norma yang berlaku. 3. Senantiasa berbuat baik terhadap sesama.

You might be interested:  Question: Mengapa Lagu Indonesia Raya Dijadikan Lagu Kebangsaan?

Bagaimana kedudukan warga negara dan penduduk berdasarkan pasal 26?

Pasal 26 UUD 1945 tentang Warga Negara dan Penduduk. (1) Yang menjadi warga negara ialah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undangsebagai warga negara. (2) Penduduk ialah warga negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia.”

Siapakah yang dimaksud dengan warga negara Indonesia berdasarkan Undang-Undang?

1. Pasal 26, ayat 1, yang menjadi warga negara adalah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang – undang sebagai warga negara. Kemudian pada ayat 2, syarat-syarat mengenai kewarganegaraan ditetapkan dengan undang – undang.

Apa yang dimaksud dengan kedudukan warga negara?

Yang memiliki makna bahwa warga negara ialah penduduk asli (pribumi) maupun seseorang dari negara lain yang tinggal dan menetap di Indonesia dan memilih menjadi warga negara Indonesia setelah disahkan oleh undang-undang yang berlaku(pewarganegaraan/naturalisasi).

Bagaimana status kewarganegaraan di Indonesia?

Penduduk yang memiliki status kewarganegaraan dari suatu negara disebut sebagai warga negara. Warga negara Indonesia adalah orang-orang bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan undang-undang sebagai warga negara.

Apakah status WNI sekaligus menjadi penduduk Indonesia dan berikan contohnya?

contohnya: 2 orang WNI yg menikah dan tinggal di luar negri jika kemudian punya anak di sana, maka anaknya adalah WNI walaupun si anak blm pernah ke indonesia. jd dia adalah WNI yg bkn penduduk indonesia.

Siapa warga negara brainly?

Jawaban: Warga negara adalah penduduk sebuah negara atau bangsa yang berdasarkan keturunan, tempat kelahiran, dan sebagainya mempunyai kewajiban dan hak penuh sebagai seorang warga dari negara itu. Warga negara adalah orang yang secara hukum merupakan anggota dari suatu negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *