Readers ask: Bagaimana Keputusan Ppki Mengenai Pembagian Wilayah Indonesia?

Bagaimana pembagian wilayah Indonesia pada sidang kedua PPKI brainly?

Dalam rapat hari kedua itu disepakati pembagian wilayah Indonesia terdiri dari 8 provinsi, yakni Jabar, Jateng, Jatim, Borneo, Sulawesi, Maluku, Sunda Kecil, dan Sumatra. Masing-masing provinsi akan dipimpin oleh gubernur.

Mengapa Indonesia dibagi menjadi 8 bagian?

Sebab terjadi perkembangan dalam Pemerintahan Daerah. Pada awal kemerdekaan NKRI, PPKI menetapkan pembagian daerah besar menjadi 8 provinsi [meskipun tidak punya uang, yang penting diselenggarakan pemerintahan daerah dulu sesuai ketentuan Pasal 18 UUD 1945].

Provinsi apa saja yang pertama kali terbentuk saat Indonesia merdeka?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

  • Sumatera – Mr. Teuku Muhammad Hasan.
  • Jawa Barat – Mas Sutardjo Kertohadikusumo.
  • Jawa Tengah – RP Soeroso.
  • Jawa Timur – RMT Ario Soerjo.
  • Sunda Kecil – I Goesti Ketoet Poedja.
  • Maluku – Mr. Johannes Latuharhary.
  • Sulawesi – GSSJ Ratulangi.
  • Borneo – Pangeran Muhammad Noor.
You might be interested:  Readers ask: Siapa Penemu Indonesia?

Pada Sidang PPKI wilayah Indonesia dibagi menjadi 8 provinsi dan dikepalai oleh seoarang Gubenur siapa nama Gubenur Sumatra pertama?

Moh. Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden. Diikuti dengan pembentukan delapan wilayah Provinsi Indonesia beserta gubernurnya sebagai wakil pemerintah di daerah. Provinsi Sumatera dengan Ibukotanya berada di Medan/Bukittinggi. Dipimpin oleh Gubernur bernama Teuku Mohammad hasan.

Bagaimana keputusan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia mengenai pembagian wilayah Indonesia?

Dalam sidang kedua PPKI tanggal 19 Agustus 1945, diperoleh sejumlah keputusan, yakni pembentukan 12 departemen serta pembagian wilayah Indonesia menjadi 8 provinsi. Provinsi-provinsi tersebut yakni Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Borneo, Sumatra, Sunda Kecil, Sulawesi, dan Maluku.

Kapan sidang PPKI kedua dilaksanakan Sebutkan hasil sidang PPKI kedua tersebut?

Hasil Sidang PPKI Kedua Sidang kedua dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 1945 dengan hasil senagai berikut: Pembagian wilayah terdiri atas 8 provinsi. Membentuk Komite Nasional (daerah)

Mengapa Indonesia dibagi menjadi beberapa provinsi?

Agar tata car pemerintahan dan pengaturan setiap daerah dapat lebih terorganisir. Dan setiap pemerintah pusat dapat fokus pd keadaan di pusat sedangkan untuk irisan kedaerah diurus oleh pemerintah daerah.

Sidang PPKI ke 2 pembagian ke 8 provinsi provinsi dimana saja?

Kemudian dalam sidang PPKI 18 Agustus 1945, terpilihlah Ir. Soekarno sebagai Presiden dan Drs. Moh. Hatta sebagai Wakil Presiden yang diikuti dengan pembentukan 8 Provinsi sebagai wakil pemerintah di daerah, yaitu: Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sunda Kecil, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku.

Provinsi apa saja Setelah negara Indonesia merdeka?

Setelah Proklamasi

  • KEMUDIAN DALAM SIDANGNYA TANGGAL 19 AGUSTUS 1945, OLEH PPKI DICAPAI KESEPAKATAN PEMBAGIAN WILAYAH REPUBLIK INDONESIA DALAM 8 (DELAPAN) PROPINSI YAITU MASING – MASING: JAWA BARAT, JAWA TENGAH, JAWA TIMUR, SUMATERA, BORNEO, SULAWESI, SUNDA KECIL DAN MULUKU.
  • PENASEHAT: ABDUL HAMID.
You might be interested:  FAQ: Maskapai Yang Ada Di Indonesia?

Berapa jumlah provinsi di Indonesia pada saat pertama kali terbentuk?

TRIBUNNEWS.COM – Berikut ini delapan provinsi yang dibentuk pertama saat sidang PPKI. Pada awal kemerdekaan, Indonesia tidak langsung memiliki 34 provinsi, melainkan hanya delapan. Hal itu lantaran saat Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, Indonesia belum memiliki lembaga pemerintahan yang lengkap seperti saat ini.

Provinsi apa saja yang dibentuk pada masa awal kemerdekaan Siapakah nama gubernur masing masing provinsi?

Berikut daftar kedelapan nama Gubernur pada masa awal kemerdekaan.

  • Provinsi Sumatra = Teuku Mohammad Hasaan.
  • Provinsi Jawa Timur = Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo.
  • Provinsi Jawa Barat = Sutardjo Kartohadikusumo.
  • Provinsi Jawa Tengah = Raden Pandji Soeroso.
  • Provinsi Sunda Kecil = I Gusti Ketut Pudja.

Manakah yang termasuk 8 provinsi yang ditetapkan beberapa saat setelah Indonesia merdeka?

Delapan provinsi itu adalah Sumatra, Borneo, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi, Maluku, dan Sunda Kecil. PPKI menunjuk delapan orang untuk menjabat gubernur di delapan provinsi itu. Inilah nama-nama gubernurnya. Gubernur Sumatra, Mr. Teuku Muhammad Hasan.

Membagi wilayah Republik Indonesia menjadi 8 provinsi dimana setiap provinsi dipimpin oleh seorang gubernur merupakan salah satu hasil sidang?

Pada 19 Agustus 1945, PPKI mengadakan sidang kedua dan membentuk Pemerintahan Daerah. Saat itu, Indonesia dibagi menjadi delapan provinsi yang dipimpin oleh seorang gubernur. (Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Borneo Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Sunda Kecil “Nusa Tenggara”, Sumatera).

Apakah hasil sidang PPKI pada 18 Agustus 1945?

Hasil Sidang PPKI tersebut adalah mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945, mengangkat Soekarno dan Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden, serta membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat. Pengesahan UUD 1945 juga menjadi momentum perumusan Pancasila.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *