Readers ask: Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Persatuan Indonesia Yang Merupakan Bahasa Dari Daerah?

Apa yang menjadi dasar sehingga bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara?

Kedudukan sebagai bahasa Indonesia sebagai bahasa negara atau resmi tertulis dalam Undang-Undang Dasar 1945 Bab XV, Pasal 36 yang menyatakan bahwa “ bahasa negara ialah bahasa Indonesia.” Kedudukan sebagai bahasa nasional tercantum dalam ikrar Sumpah Pemuda tahun 1928 ketiga yang berbunyi “Kami Putra dan Putri Indonesia

Apa yang dimaksudkan dengan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan?

Bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu suku, budaya dan bahasa maksudnya adalah bahwa bahasa Indonesia memungkinkan keserasian di antara suku-suku, budaya dan bahasa di Nusantara, tanpa harus menghilangkan indentitas kesukuan dan kesetiaan kepada nilai-nilai sosial budaya serta latar belakang bahasa daerah yang

Sejak kapan bahasa Indonesia menjadi bahasa negara?

Nah, Bahasa Indonesia lalu dinyatakan kedudukannya sebagai bahasa negara pada tanggal 18 Agustus 1945. Karena pada saat itu Undang-Undang Dasar 1945 disahkan sebagai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Dalam Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 36 disebutkan bahwa bahasa negara ialah bahasa Indonesia.

You might be interested:  Often asked: Kapan Penerbangan Internasional Dibuka Kembali Di Indonesia 2021?

Mengapa bahasa Melayu yang dijadikan sebagai bahasa persatuan di Indonesia?

Ternyata, bahasa Indonesia dipilih menjadi bahasa persatuan bukan tanpa alasan. Bahasa Indonesia merupakan bahasa Melayu yang sejak abad ke-18 sudah menjadi bahasa pergaulan di Indonesia (lingua franca). Karena dikenal luas dan mudah dipelajari, maka bahasa Melayu dipilih sebagai bahasa persatuan.

Pada tanggal dan tahun berapakah bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa persatuan dan bagaimanakah peran bahasa Indonesia dalam kaitannya sebagai bahasa nasional dan bahasa negara?

Lebih lanjut, pada 18 Agustus 1945, bahasa Indonesia dinyatakan sebagai bahasa negara. Hal itu bertepatan dengan pengesahan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai konstitusi negara. Dalam Pasal 36 UUD 1945 disebutkan bahwa ” Bahasa negara ialah Bahasa Indonesia “.

Sejak kapan bahasa Indonesia berkedudukan sebagai bahasa negara dan ketentuan apa yang mengatur hal tersebut?

f) Pada tanggal 18 Agustus 1945 ditandatanganilah Undang- Undang Dasar 1945, yang salah satu pasalnya (Pasal 36) menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara.

Apa bahasa pemersatu?

Bahasa Indonesia lahir bertepatan dengan Kongres Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Sejak saat itu bahasa Indonesia diakui keberadaannya sebagai bahasa pemersatu bangsa.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan ragam bahasa?

Ragam Bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian, yang berbeda- beda menurut topik yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara, kawan bicara, orang yang dibicarakan, serta menurut medium pembicara.

Pada momen Apakah bahasa Indonesia dikukuhkan sebagai bahasa persatuan bangsa Indonesia?

Dengan fakta tersebut, tepatnya 28 Oktober 1928, bahasa Melayu diangkat sebagai bahasa persatuan dan tahun 1945 diresmikan sebagai bahasa negara.

Apakah bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu?

Dalam Undang-Undang Dasar 1945 disebutkan bahwa Bahasa negara ialah bahasa Indonesia (Bab XV, Pasal 36). Keputusan Kongres Bahasa Indonesia II tahun 1954 di Medan, antara lain, menyatakan bahwa bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu.

You might be interested:  Question: Astronot Indonesia Pertama Yang Mendarat Di Bulan?

Siapa yg pertama kali menciptakan bahasa Indonesia?

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, kemunculan Bahasa Indonesia tidak lepas dari peran Mohammad Tabrani Soerjowitjitro. M. Tabrani lahir di Pamekasan Madura pada 10 Oktober 1904. Ia meninggal pada 12 Januari 1984 dan dimakamkan di TPU Tanah Kusir Jakarta.

Mengapa kita harus menyerap bahasa asing?

Karena kata serapan dari bahasa asing merupakan bagian dari perkembangan Bahasa Indonesia itu sendiri. Selain itu, dengan adanya kata serapan dari bahasa asing maka akan dapat mempermudah tercapainya kesepakatan jika istilah Indonesia terlalu banyak sinonimnya.

Mengapa bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa persatuan brainly?

Karena bahasa Indonesia dianggap sebagai simbol penting dalam mempersatukan keanekaragaman suku bangsa, bentuk identitas nasionalisme bangsa, dan semangat menentukan nasib sendiri untuk melepaskan diri dari kolonialisme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *