Readers ask: Mengapa Bahasa Indonesia?

Mengapa bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional?

Sebagai bahasa nasional, fungsi bahasa Indonesia di antaranya adalah untuk mempererat hubungan antar suku di Indonesia. Fungsi ini sebelumnya sudah ditegaskan di dalam butir ketiga ikrar Sumpah Pemuda 1928 yang berbunyi “Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia ”.

Berasal dari bahasa apakah bahasa Indonesia itu?

Keputusan Kongres Bahasa Indonesia II pada 1945 di Medan menyatakan Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu.

Mengapa kita harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik?

Bahasa Indonesia bukan hanya sebagai bahasa pemersatu bangsa namun juga sebagai identitas bangsa Indonesia itu sendiri. Selain agar dapat diterima oleh masyarakan yang membacanya, menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar juga diperuntukkan agar tidak adanya kesalahan dalam penafsiran tulisan.

Apa fungsi dari bahasa Indonesia?

Apa sajakah fungsi tersebut? Artinya adalah Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa untuk berkomunikasi antar masyarakat Indonesia yang berasal dari berbagai suku dan budaya. Bahasa Indonesia merupakan bahasa sehari-hari yang digunakan serta menjadi ciri khas untuk negara Indonesia.

You might be interested:  FAQ: Jumlah Suku Yang Ada Di Indonesia?

Apa yang dimaksud bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional?

Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara sebagai bahasa negara berarti bahasa Indonesia adalah bahasa resmi.dengan begitu bahasa Indonesia harus digunakan sesuai dengan kaidah, tertib, cermat, dan masuk akal. Bahasa Indonesia yang dipakai harus lengkap dan baku.

Sejak kapan bahasa Indonesia menjadi bahasa negara?

Dilansir situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), awal mula sejarah bahasa Indonesia yakni bahasa Indonesia lahir pada 28 Oktober 1928.

Apa yang dimaksud dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar?

Bahasa Indonesia yang baik adalah bahasa Indonesia yang digunakan sesuai dengan situasi/kondisi penutur, misal dalam komunikasi di pasar maka penggunaan bahasa Indonesia dikatakan baik ketika si penutur menggunakan bahasa Indonesia ragam santai.

Bagaimana bahasa itu terbentuk?

Menurut Om Noam Chomsky, bahasa muncul pada 60,000 hingga 100,000 tahun lalu di Afrika. Sebelum itu, kita sebagai manusia hanya mampu berkomunikasi sebatasnya, yaitu melalui mulut kita dan gestur tubuh kita. Kombinasi kata-kata inilah yang berkembang jadi struktur, hingga akhirnya terbentuklah bahasa ….

Mengapa kita harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam pergaulan sehari hari?

bahasa kita adalah bahasa indonesia yang merupakan bahasa persatuan.walaupun berbeda suku dan agama tetap saja bahasa indonesia yg digunakan dalam kehidupan sehari hari karena bahasa indonesia merupakan bahasa persatuan.

3 Apa yang dimaksud dengan penggunaan bahasa Indonesia secara baik dan benar?

Berbahasa Indonesia dengan baik dan benar ” dapat diartikan pemakaian ragam bahasa yang serasi dengan sasarannya dan di samping itu mengikuti kaidah bahasa yang betul. Ungkapan “ bahasa Indonesia yang baik dan benar ” mengacu ke ragam bahasa yang sekaligus memenuhi persyaratan kebaikan dan kebenaran.

You might be interested:  Indonesia Menganut Sistem Apa?

Apakah fungsi bahasa Indonesia brainly?

Dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional, fungsi bahasa Indonesia adalah sebagai lambang kebanggaan kebangsaan, indentitas nasional, alat perhubungan antar warga, antar daerah dan antar budaya, serta alat pemersatu suku, budaya dan bahasa di Nusantara.

Apa saja fungsi bahasa menurut para ahli?

Fungsi Bahasa Menurut Para Ahli

  • Fungsi personal. yaitu penggunaan bahasa untuk mengungkapkan pendapat, pikiran, sikap atau perasaan pemakaiannya.
  • Fungsi regulator.
  • Fungsi interaksional.
  • Fungsi informatif.
  • Fungsi heuristik.
  • Fungsi imajinatif.
  • Fungsi instrumental.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *