Readers ask: Mengapa Indonesia Kaya Akan Sumber Daya Alam?

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara kaya akan sumber daya?

Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya. Alamnya yang subur membuat Indonesia mudah ditumbuhi berbagai macam tumbuhan. Selain itu, juga terkenal dengan negara Kepulauan Indonesia yang terdiri lebih dari 17.000 pulau yang tersebar dari Merauke hingga Sabang.

Kenapa Indonesia yang kaya akan sumber daya alam tetapi masih miskin?

Karena masyarakat indonesia tidak pintar dalam mengolah sumber daya alamnya dengan baik,sehingga banyak masyarakat indonesia miskin karena sumber daya alam diolah oleh negara lain.

Jelaskan apakah sebab Indonesia disebut negara yang kaya dengan budaya atau adat istiadat?

Jawaban: karena Indonesia terdiri dari beranekaragam suku bangsa, adat istiadat, budaya dan agama.

Siapa yang menguasai sumber daya alam di bumi pertiwi ini?

WALHI. Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. UUD 1945 Pasal 33 (3).

You might be interested:  Often asked: Sebutkan 5 Daerah Di Indonesia Yang Menyandang Status Otonomi Khusus Atau Istimewa?

Apakah Indonesia termasuk negara yang kaya?

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya dengan sumber daya alam yang besar. Salah satu sumber daya alam yang mempunyai potensi yang besar adalah bidang pertanian. Hasil pertanian yang besar setiap tahunnya merupakan modal penting dalam proses pemenuhan kebutuhan pangan.

Apakah Indonesia merupakan negara yang kaya jelaskan?

Indonesia merupakan negara agraris yang kaya akan sumber daya alam yang melimpah, terutama hasil pertanian. Buah-buahan adalah salah satu potensi terbesar yang ada di Indonesia. Permintaan atau kebutuhan buah-buahan saat ini dipenuhi oleh penawaran dari produksi dalam negeri dan buah impor.

Mengapa Indonesia memiliki kebudayaan yang beragam?

Keragaman budaya di Indonesia ada karena faktor geografis sebagai negara kepulauan. Keragaman terjadi juga karena letak Indonesia di jalur pelayaran perdagangan dunia, sehingga interaksi dengan budaya bangsa lain menjad erat. Indonesia terdiri dari kurang lebih 656 suku bangsa dengan bahasa lokal 300 macam.

Mengapa Indonesia menjadi negara yang beragam?

Sebagai negara kepulauan, Indonesia terdiri atas beribu-ribu pulau yang secara fisik terpisahpisah. Setiap masyarakat di kepulauan mengembangkan budaya mereka masing-masing, sesuai dengan tingkat kemajuan dan lingkungan masing-masing sehingga membuat kebudayaan menjadi sangat beragam antar pulau-pulau di Indonesia.

Mengapa terdapat beraneka ragam suku bangsa di Indonesia?

Karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang majemuk. Terdiri atas banyak pulau yang dipisahkan oleh laut. Oleh karena itu, Negara Indonesia mempunyai banyak keberagaman yang indah. Dalam keberagaman itu diperlukan suatu komitmen integrasi nasional ntuk mencapai persatuan dan kesatuan.

Siapakah yang menguasai kekayaan alam Indonesia Tunjukkan dan jelaskan landasan yuridisnya?

Pembahasan: menurut pasal 33 ayat 3 UUD 1945, menyebutkan bahwa bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan sebesar”nya untuk kemakmuran rakyat indonesia.

You might be interested:  Quick Answer: Bunga Yang Langka Di Indonesia?

Siapa yang menguasai seluruh kekayaan alam Indonesia berdasarkan ketentuan Pasal 33 ayat 2 dan 3 UUD Negara RI Tahun 1945?

PENJELASAN ATAS UNDANG. Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 33 ayat ( 2 ) dan ayat ( 3 ) menegaskan bahwa cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.

Pasal berapakah dalam UUD 1945 yang mengatur tentang kekayaan alam?

Landasan filosofi pengelolaan sumber daya alam di Indonesia adalah Pasal 33 ayat (3) UUD Negara Republik Indonesia 1945, yang menyatakan bahwa bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *