Readers ask: Mengapa Letak Geografis Indonesia Dianggap Strategis?

Mengapa Letak Indonesia dianggap strategis brainly?

Indonesia termasuk sebagai salah satu negara yang strategis karena terletak diantara 2 samudera yakni, Samudera Hindia dan Pasifik dan juga 2 benua yakni benua Asia dan Australia. Karena letaknya yang sangat strategis, hal ini juga memudahkan Indonesia dalam hal perdagangan antar negara atau perdagangan internasional.

Apa akibat letak geografis Indonesia yang sangat strategis?

1. Letak strategis menyebabkan Indonesia mudah berdagang dengan Negara lain. 4. Letak yang strategis dan terdiri banyak pulau membuat Indonesia kaya akan beragam flora, fauna, budaya, suku bangsa, dan etnis sebagai modal pengembangan potensi pariwisata.

Mengapa wilayah Indonesia berada pada posisi silang yang sangat strategis?

Indonesia dikatakan terletak pada posisi silang (cross position) karena secara geografis Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudera, yakni benua Australia dan benua Asia serta berada di antara samudera Pasifik dan samudera Hindia.

You might be interested:  Readers ask: Apa Itu Black Card Indonesia?

Jelaskan letak Indonesia yang sangat strategis dan mengakibatkan jalur apa saja?

Seperti yang kita ketahui bahwa letak geografis Indonesia berada di antara 2 benua (Asia dan Australia) dan di antara 2 samudra (samudra Hindia dan Pasifik), hal ini membuat Indonesia mempunyai letak geografis yang sangat strategis karena letak Indonesia menjadi jalur perdagangan dan jalur pelayaran dunia.

Mengapa Indonesia disebut memiliki lokasi strategis?

Letak Indonesia dikatakan strategis karena Indonesia adalah negara yang terletak di antara 2 benua, yaitu benua Australia dan benua Asia dan di antara 2 samudra, yaitu samudra Pasifik dan samudra Hindia, yang dimana letak ini membuat Indonesia menjadi negara dalam jalur pelayaran dan perdagangan dunia yang ramai

Apa dampak negatif dari letak geografis di Indonesia?

Dampak Negatif: Rawan terjadi bencana alam, seperti gempa bumi, tsunami, dan gunung meletus. Menjadi tempat transaksi ilegal dari berbagai macam negara. Persaingan dagang yang sengit dengan negara-negara lain. Tingkat keamanan di perbatasan wilayah masih rendah.

Apa yang dimaksud dengan letak geografis?

Letak geografis adalah posisi keberadaan sebuah wilayah berdasarkan letak dan bentuknya dimuka bumi. Letak geografis biasanya di batasi dengan berbagai fitur geografi yang ada di bumi dan nama daerah yang secara langsung bersebelahan dengan daerah tersebut.

Posisi letak negara Indonesia pada posisi silang di antara 2 benua dan 2 Samodra apa dampak pada posisi strategis tersebut apa yang harus kita waspadai brainly?

1. Letak Indonesia yang berada diantara 2 benua yaitu Asia dan Australia membuat Indonesia bisa menjalin hubungan yang baik antara negara – negara di kedua benua tersebut. Posisi geografis membuat dua samudera Inodnesia berada di jalur lalu lintas internasional dan dapat menjadi transit jalur perdagangan dunia.

You might be interested:  FAQ: Raja Islam Di Indonesia Yang Pertama Kali Memakai Gelar Sultan Adalah?

Mengapa posisi negara kawasan Asean dikatakan silang?

karena dilalui 2 jalur perdagangan dunia.

Apa yang membuat letak Indonesia strategis menjadi jalur perdagangan?

Letak Indonesia yang strategis, berada antara benua Asia dan Australia, serta dikelilingi lautan samudra Pasifik dan Hindia, malah mendatangkan banyak manfaat bagi Indonesia. Letaknya yang strategis inilah yang membuat Indonesia menjadi negara yang berada di jalur persimpangan lalu lintas dunia.

Apa dampak letak geografis Asia Tenggara yang sangat strategis?

Jawaban: Lokasi strategis ini berdampak banyak pedagang dan pelaut yang datang, dan menyebabkan masuknya berbagai ajaran agama dan pengaruh budaya di Asia Tenggara. Lokasi di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik menyebabkan Asia Tenggara menjadi wilayah pertemuan arus laut.

Mengapa Posisi Asia Tenggara dianggap strategis?

karena berada di lintas perdagangan dunia, yg diapit oleh 2 samudra yaitu samudra Pasifik dan Hindia, sementara itu Asia tenggara jga di diapit oleh 2 Benua yaitu benua Asia dan Australia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *