Readers ask: Mengapa Sebagian Besar Penduduk Indonesia Bekerja Di Sektor Pertanian?

Mengapa sebagian besar penduduk Indonesia lebih banyak yang bekerja di sektor pertanian?

Sebagian besar penduduk Indonesia bekerja sebagai petani karena iklim dan jenis tanah di Indonesia sangat mendukung untuk kegiatan pertanian. Sedangkan secara geologis, Indonesia dilalui oleh dua sirkum pegunungan api, sehingga sebagian besar wilayah Indonesia memiliki jenis tanah vulkanik yang subur.

Bagaimana besar masyarakat Indonesia bekerja pada bidang?

Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduk Indonesia mempunyai pencaharian di bidang pertanian atau bercocok tanam. Pada Februari 2016, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat 31,74 persen angkatan kerja di Indonesia atau 38,29 juta bekerja di sektor pertanian.

Mengapa sebagian besar penduduk kita disebut sebagai masyarakat agraris?

Disebut negara agraris karena sebagian besar penduduknya bekerja di sektor pertanian. Tak hanya sebagai negara maritim, Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduk Indonesia memiliki mata pencaharian sebagai petani atau bercocok tanam.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara agraris?

Mengutip dari buku Solusi Jitu Menghadapi Ulangan Ilmu Pengetahuan Sosial, Indonesia disebut sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani.

You might be interested:  Often asked: Game Nomor 1 Di Indonesia 2021 Apa?

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara agraris dan negara maritim?

Kawasan Indonesia terdiri dari 2/3 lautan, hal ini tentu menjadikan Indonesia disebut dengan negara maritim. Sedangkan agraris adalah segala aktivitas yang berkaitan dengan bidang pertanian. Ekonomi Indonesia saat ini bertumpu pada sektor pertanian, hal ini menjadikannya disebut sebagai negara agraris.

Apa mata pencaharian sebagian besar penduduk Indonesia?

Indonesia merupakan negara agraris, sebagian besar penduduk Indonesia berdomisili di daerah peDesaan dan memiliki mata pencaharian disektor pertanian.

Ok Google apa yang disebut dengan negara agraris?

Indonesia disebut sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduknya bekerja di sektor pertanian.

Masih layakkah Indonesia di sebut sebagai negara agraris?

Namun, dari kacamata lain, jika mengacu pada data Badan Pusat Statistik (BPS) tentang angkatan kerja di tiap sektor, Indonesia sebetulnya masih dapat dikatakan sebagai negara agraris. Setidaknya, masih ada lebih dari 30% angkatan kerja Indonesia bekerja di sektor pertanian.

Mengapa sebagian besar negara Asean bermata pencaharian petani?

Mata pencaharian sebagian penduduk kawasan Asia Tenggara Dengan berada pada pertemuan daratan benua dan samudra menyebabkan kawasan Asia Tenggara memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah dan strategis. Maka dari itu, sebagian besar penduduk di kawasan Asia Tenggara bermata pencaharian sebagai petani. 2

Mengapa Negara kita Indonesia yang dikenal sebagai negara agraris masih sering mengimpor beras dari negara tetangga seperti Vietnam dan Thailand?

Salah satunya dikarenakan jumlah penduduk yang sangat banyak dan produksi beras dalam negeri yang mengalami penurunan kuantitas (jumlah), akibat alih fungsi lahan pertanian menjadi lahan perumahan sehingga pemerintah mengimpor beras untuk dijadikan persediaan apabila terjadi kekurangan.

Mengapa Indonesia dikenal sebagai negara agraris brainly?

Tak hanya sebagai negara maritim, Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduk Indonesia memiliki mata pencaharian sebagai petani atau bercocok tanam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *